Mesin Alonso Paling Segar

Kamis, 11 November 2010 – 12:21 WIB

JALAN Fernando Alonso untuk meraih gelar juara dunia Formula 1 untuk ketiga kalinya makin dekatDia masih berada di puncak klasemen pembalap saat musim 2010 menyisakan satu balapan lagi

BACA JUGA: Diego Forlan Ditawarkan ke Real

Pembalap Ferrari itu cukup berada di peringkat kedua saat Grand Prix Abu Dhabi berakhir, akhir pekan ini.
   
Namun, Ferrari dan Alonso bukannya tanpa rasa waswas
Masalah kerusakan mesin masih menghantui mereka

BACA JUGA: Lin Dan Tertekan Jelang Tampil di Asian Games

Terutama karena saat ini Alonso sudah memakai jatah mesin terakhirnya, yaitu mesin kedelapan
Sesuai regulasi, tiap pembalap hanya boleh menghabiskan delapan mesin sepanjang musim

BACA JUGA: Demi PON, Riau Belajar ke Guangzhou

Selebihnya, akan mendapatkan penalti sepuluh posisi start.

Ancaman datang karena Alonso sudah memakai mesin yang sama di dua balapan terakhir, yaitu di Korea dan BrazilBila nekat menggeber mesin saat latihan dan kualifikasi, bisa jadi mesin terakhir itu mengalami kerusakan sebelum lombaAncaman penalti pun menghantuiPadahal, karakter Sirkuit Yas Marina membuat para pembalap sulit melakukan aksi menyalipUntuk itu, posisi start sangat menentukan hasil akhir lomba.

Dalam dua bnalapan terakhir, Alonso sudah memberikan tekanan pada mesin mobilnyaSehingga, kekhawatiran pun muncul menuju balapan di Yas MarinaMesin akan mudah panas, selain itu kemampuannya juga sudah jauh menurun.

Tapi, Ferrari dan Alonso masih punya senjata rahasiaPada dasarnya, mereka masih menyisakan  satu mesin lagiSatu dari delapan mesin yang sudah terpakai, ternyata masih cukup segar

Mesin yang dimaksud adalah mesin yang pertama kali dipakai oleh Alonso di awal musimMesin pertama yang dipakai menjelang GP Bahrain itu cuma dipakai sampai kualifikasiBerdasarkan regulasi, mesin yang sudah dipakai melewati sesi latihan, sudah dihitung masuk dalam rangkaian mesin terpakai

Mesin tersebut bisa menjadi alternatif bagi Alonso dan Ferrari menuju Yas MarinaTapi, regulasi menyebutkan Ferrari hanya bisa menggunakan mesin tersebut di sesi klatihanAlternatifnya, mesin pertama untuk sesi latihan, sementara mesin kedelapan untuk kualifikasi dan balapanJadi, mesin F10 Alonso cukup segar saat balapan nanti.

Dengan kondisi demikian, Alonso pantas percaya diri menuju Yas Marina, sekaligus optimis meraih gelar juara dunia untuk ketiga kalinyaSaat ditanya tentang peluangnya itu, Alonso punya jawaban yang mantap"100 persenSaya hanya butuh finios di posisi keduaTak peduli siapa yang juara jika saya bisa finis di tempat kedua," ujar Alonso.

"Dengan sulitnya melakukan overtaking  di Abu Dhabi, sesi kualifikasi di hari Sabtu akan sangat penting dan signifikan, tekanan kepada kami bertiga akan sangat intense," tambahnya.

Alonso yang mengoleksi 246 poin, hanya unggul delapan poin dari pembalap Red Bull-Renault Mark WebberDengan sistem poin saat ini, kalau pun Webber menang dan Alonso berada di peringkat kedua, Alonso bisa unggul satu poin di klasemen akhir.

Team principal Ferrari Stefano Domenicali tak mau terlena dengan hal ituBaginya, tim yang bermarkas di Maranello, Italia, itu harus tetap fokus.

"Kami tahu yang harus kami lakukan dan kami akan menyiapkan semuanya dengan perhatian detail yang maksimalKami tak mau membuat perhitungan yang susahIntinya, kami harus memastikan cukup cepat dan mendapatkan kualifikasi yang sempurna, karena itu sangat penting dan fundamental," ujar Domenicali(ady)

BACA ARTIKEL LAINNYA... AC Milan v Palermo: Modal untuk Derby


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler