Mesin ATM Dibobol Maling, Pihak BCA Bilang Begini

Minggu, 22 Juli 2018 – 14:24 WIB
Ilustrasi ATM BCA. Foto: Jawa Pos/JPNN

jpnn.com, PALEMBANG - Pihak BCA Wilayah Palembang sudah mendapat kabar tentang pembobolan mesin ATM milik mereka yang berada di Alfamart Sukabangun 2-2. Hanya saja, mereka enggan berkomentar panjang lebar terkait kasus tersebut.

“Tentang ini saya belum dapat informasinya,” ujar Kepala Pengembangan Bisnis BCA Wilayah Palembang Yohanes Setyowidodo saat dikonfirmasi tadi malam.

BACA JUGA: Bobol Mesin ATM BCA, Kawanan Bandit Gondol Rp 320,9 Juta

Namun mengenai kesiapan BCA jelang dan saat Asian Games, dia menyatakan, di sekitaran kawasan Jakabaring Sport City (JSC) terdapat tiga titik ATM BCA. “Titik ATM yang ada ini sudah cukup memadai untuk memenuhi transaksi nasabah,” katanya.

Dia menjelaskan, lokasi ATM BCA tersebar dan cukup mudah ditemukan di Palembang. Sejak atlet, ofisial, dan wisatawan mendarat di Palembang, sudah bisa mendapati ATM BCA di Bandara SMB II.

BACA JUGA: Anak Terduga Teroris: Kapan Ayah Balik?

“Mesin ATM BCA ada di dekat venue JSC, dan di OPI Mall. Terdapat juga di Kantor Kas dan di gerai Alfamart,” ungkapnya.

RCEO Bank Mandiri Regional II/Sumatera 2 Aribowo, melalui Electronic Channel Operation Head, Kaharudin, mengatakan, tidak hanya jelang dan selama Asian Games, keamanan layanan transaksi perbankan, termasuk pengawasan ATM, memang sudah menjadi concern Bank Mandiri.

BACA JUGA: Setiap Trainset LRT Palembang Maksimal Angkut 400 Penumpang

Untuk pengawasan ATM di kantor-kantor cabang selalu berada dalam pengamanan pihak sekuriti. Sementara itu, untuk ATM yang berada di area publik, pada malam hari pihaknya memiliki tim patroli khusus yang setiap saat keliling dan memberikan report situasi terkini.

“Tidak hanya itu, pengawasan ATM di area publik Bank Mandiri juga bekerja sama dengan pihak keamaan setempat,” katanya.

Selain itu, ada pula pengawasan dengan teknologi. Dia menjelaskan ATM ada yang dikelola kantor wilayah dan ada juga yang dikelola vendor.

Selama 24 jam, ATM bisa dimonitor apakah beroperasi atau tidak dan bagaimana keadaannya. Karena itu, menurutnya, apabila ada tindakan membuka pintu mesin ATM secara paksa, semestinya akan terpantau di monitor.

Untuk dukung layanan keuangan bagi atlet, ofisial, dan suporter maupun pengunjung lainnya saat Asian Games 2018, Bank Mandiri telah rencanakan penempatan ATM di beberapa titik, seperti venue Jakabaring Sport City (JSC), hotel, Wisma Atlet, dan stasiun LRT.

“Total ada sekitar 33 ATM yang disiapkan khusus untuk sokong kelancaran event olahraga akbar se-Benua Asia ini,” ungkapnya.

Menurutnya, titik-titik ini di luar lokasi ATM yang saat ini sudah ada. Seperti, penambahan satu titik ATM yang ditempatkan Bandara SMB II Lantai 2. Untuk hotel ada 10 titik baru mesin ATM. Seperti di Hotel Arista, Hotel Aryaduta, Hotel Novotel, Hotel Batiqa, Hotel 101, Hotel Santika Radial, Hotel Santika Premier, Hotel Excelton, Hotel Horison Ultima, dan Hotel Wyndham.

Stasiun LRT pun jadi salah satu tempat yang dipilih. Ada dua mesin ATM di Stasiun LRT Bandara. Lalu masing-masing satu mesin ATM di Stasiun LRT Palembang Icon, Stasiun LRT Sudirman, Stasiun LRT Ampera, dan Stasiun LRT Jakabaring. 

Yang terbanyak berada di venue Jakabaring Sport City (JSC), yakni sebanyak 16 titik baru ATM Bank Mandiri. Masing-masing dua titik ATM di JSC Rusunami, JSC Rusunawa, JSC Rowing Stadium, JSC Bowling, JSC Shooting Range, dan JSC Tennis Court. Lalu, tiga titik ATM di JSC Wisma Atlet. Serta, satu titik ATM di JSC Gelora Sriwijaya.

“Di titik khusus ini akan ada peningkatan pengisian uang. Jumlah pastinya belum bisa kita umumkan. Kemungkinan sekitar 20-30 persen dari biasanya. Kita juga akan siapkan tiga Mandiri Mobile. Rencananya akan ditempatkan di venue Jakabaring Sport City. Nantinya akan ada layanan ATM dan money changer,” ungkapnya seraya menyebut, untuk LRT, Bank Mandiri siapkan 10 ribu keping e-Money Mandiri untuk dukung Asian Games.

BNI Wilayah Palembang pun akan tempatkan ATM dan money changer di tempat strategis. “Rencananya kita pasang di 11 titik. Ada 9 ATM dan 2 money changer. Semuanya di kawasan Jakabaring Sport City. Terutama di venue utama,” ujar Head of Business Consumer BNI Wilayah Palembang Anak Agung Gede Putra.

Dia merincikan, sembilan ATM BNI yang akan ditempatkan di titik strategis, yaitu di Pavillon JSC, Wisma Atlet Tower 1 JSC, Wisma Atlet Tower 3 JSC, Rusunami Tower 1 JSC, dan Rusunami Tower 4 JSC. Lalu, Rusunawa Tower 2 JSC, Rusunawa Tower 3 JSC, Dinning Room JSC, serta Masjid Ar-Rahman BNI JSC. Untuk money changer, BNI Layanan Gerak akan dioperasikan.

Selain itu, BNI Wilayah Palembang juga berencana untuk tempatkan ATM di stasiun LRT. “Sedang menunggu LRT siap, sedang kami kaji kelayakannya,” ungkapnya.

Bank Sumsel Babel juga bersiap. Dari sisi layanan, bank ini siap mendorong kemudahan transportasi. Caranya dengan menyediakan BSB Cash untuk LRT. Ada sebanyak 5 ribuan BSB Cash yang bakal di sebar di stasiun-stasiun. “Itu juga termasuk untuk Trans Musi,” katanya.

Meski tak menambah jumlah ATM, Faisol memastikan stok uang di ATM akan ditambah. BSB melakukan itu agar nasabah mudah melakukan transaksi. “Kami buat ATM di mal-mal. Di bandara juga kami akan menyiapkan money changer,” ungkapnya. 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, Rudy Hairuddin menyatakan, keamanan ATM sudah melekat di risk management setiap bank. “Kita harapkan bank terus melakukan pengecekan dan meningkatan keamanan,” katanya. (vis/cj16/rip/air/ce1)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Fisik Semua Venue Asian Games di JSC 100 Persen Beres


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler