Mikrolet Bakal Dipasang Wifi Gratis

Senin, 30 September 2013 – 01:16 WIB

jpnn.com - MANADO - Angkutan kota (Mikrolet, red) di Manado segera akan memiliki layanan akses internet gratis atau WiFi. Hal diungkapkan Wakil Wali Kota (Wawali) Manado Harley Mangindaan Minggu (29/9). "Pemasangan jaringan WiFi di mikrolet merupakan salah satu upaya Pemkot untuk menkonkritkan Manado sebagai kota Cyber City dan Smart City," ujar Wawali.

Dijelaskannya, belum lama ini Pemkot telah melakukan kerjasama dengan salah satu provider untuk memasang WiFi di moda transportasi di Manado yakni mikrolet. Namun untuk tahap awal, baru beberapa mikro yang nantinya akan menikmati fasilitas ini. "Tahap awal, mungkin satu trayek sekira 5 atau 10 Angkot yang akan dipasangi jaringan WiFi, dan nanti akan bertambah dengan melihat perkembangannya nanti," terang Ai, sapaan akrabnya.

BACA JUGA: Bus Terbalik, 6 Tewas, 21 Luka-luka

Diungkapkan Harley, dari apa yang disampaikan pihak provider, hampir semua jalan-jalan umum dan fasilitas umum sudah mereka pasangi WiFi, dan inilah saatnya jaringan WiFi merambah moda transportasi. "Hadirnya akses internet di Angkot-angkot, diharapkan dapat memberikan satu nilai tambah buat kota ini. Karena hal ini juga merupakan salah satu cita-cita kecil Pemkot untuk memberikan kenyamanan warga Manado mengakses informasi dan berita dengan cepat di era teknologi dan informasi yang kian maju ini," harap Wawali.

Terpisah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Yohannes Waworuntu menyatakan, pemasangan jaringan internet di Mikrolet akan direalisasikan bulan depan. "Dari kerjasama yang kami lakukan dengan salah satu provider, mereka menyanggupi untuk secepatnya memasang jaringan WiFi di Mikrolet," ungkap Waworuntu.

BACA JUGA: Korban Tewas Mapala Unand jadi 5 Orang

Ia menambahkan, sebagai upaya mendukung Manado sebagai kota ekowisata, pihaknya telah mengedarkan surat edaran wali kota untuk semua pengelola hotel, jasa pariwisata, kuliner, dan pengelola jasa transportasi.

"Isi edaran tersebut, wali kota meminta agar semua hotel, spot-spot pariwisata, pusat kuliner, dan semua transportasi yang beroperasi di Manado untuk menyediakan layanan internet gratis," tandas mantan Kepala Dinas Perhubungan ini. (cw-07/mas)

BACA JUGA: Masyarakat Alor Minta KPUD dan Panwaslu Netral

BACA ARTIKEL LAINNYA... Harga Sapi Tembus Rp36 Juta


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler