Milenial Dilibatkan dalam Penentuan CEO & Perusahaan Terbaik di Indonesia

Jumat, 25 Februari 2022 – 09:40 WIB
Founder dan CEO The Iconomics Bram S. Putro dalam ajang 3rd Indonesia’s Most Popular Digital Financial Brands Awards 2022 dan 2nd Indonesia’s Marketing Brands Awards 2022. Foto: dokumentasi The Iconomics

jpnn.com, JAKARTA - The Iconomics menggelar 3rd Indonesia’s Most Popular Digital Financial Brands Awards 2022 (Millennial ‘s Choice) dan 2nd Indonesia’s Marketing Brands Awards 2022 (Millennials’ Choice).

Founder dan CEO The Iconomics Bram S. Putro mengatakan penghargaan ini diberikan sebagai bentuk dukungan The Iconomics kepada perusahaan-perusahaan dan pemimpin perusahaan yang terpilih.

BACA JUGA: BTN Siap Luncurkan Skema Rent to Own, Kaum Milenial Bakal Happy

"Baik perusahaan jasa keuangan yang inovasi digitalnya populer di mata milenial dan perusahaan-perusahaan yang berhasil membangun ekuitas brand dalam kurun waktu setahun belakangan," ujar Bram S. Putro dalam keterangannya, Jumat (25/2).

Kedua awards ini diberikan melalui sejumlah tahapan proses penilaian. Termasuk melalui survei online kepada para milenial Indonesia.

BACA JUGA: Ini Cara The Iconomics Meningkatkan Kolaborasi BUMN dengan Media Massa

Survei dilakukan kepada lebih dari 12 ribu responden di 10 kota besar, yaitu Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi), Surabaya, Bandung, Semarang, Jogjakarta, Medan, Palembang, Balikpapan, Makassar, dan Ujungpandang.

“Pada event ini kami melibatkan milenial sebagai responden,” kata Bram.

BACA JUGA: Pengakuan Kalina Ocktaranny Pesan Kamar Hotel bersama Ricky, Vicky Prasetyo Jangan Ikut Campur

Selain memberikan penghargaan kepada perusahaan dan brand, 3rd Indonesia’s Most Popular Digital Financial Brands Awards 2022 memberikan penghargaan kepada CEO melalui Most Popular Financial CEO’s Awards 2022. Para CEO tersebut dipilih berdasarkan survei brand awareness.

Adapun dalam 2nd Indonesia’s Marketing Brands Awards 2022, The Iconomics memberikan apresiasi kepada sosok/tokoh dalam Inspiring Marketing Person Appreciation. Mereka dipilih melalui pertimbangan dari tim riset dan redaksi The Iconomics.

Pada 3rd Indonesia’s Most Popular Digital Financial Brands Awards 2022, metodologi penelitian yang digunakan melalui kajian popularitas, yaitu berdasarkan pemahaman dan apresiasi dari kaum muda milenial Indonesia.

Dalam proses penilaian melalui sejumlah tahap. Mulai dari tahap Focus Group Discussion (FGD), online quantitative survey, penilaian dengan skoring, hingga seleksi terakhir.

Saat survei, ada dua garis pertanyaan yang ditanyakan, yakni yang menyangkut digital product awareness dan digital product image.

Adapun dalam penilaian akhir Indonesia’s Most Popular Digital Financial Brands Awards ini, brand yang lolos hanya brand yang nilainya lebih tinggi dari nilai batas seleksi.

Nilai batas seleksi lintas sub-kategori industri keuangan berdasarkan berbagai riset yang telah dilakukan sebelumnya.

Bram menjelaskan, popularitas (pengetahuan dan apresiasi) publik terhadap brand akan sangat tergantung sub-kategori industri masing-masing.

Industri dengan brand yang kerap melakukan upaya pemasaran dan memiliki presence yang luas kerap mendapatkan popularitas lebih tinggi daripada kategori yang tidak melakukan upaya pemasaran massa. Itu sebabnya ditentukan nilai batas seleksi yang berbeda untuk tiap subkategori industri keuangan.

Adapun 2nd Indonesia’s Marketing Brands Awards 2022 diberikan kepada brand terbaik pada setiap kategori industri berdasarkan nilai rata-rata tertinggi dari awareness, image, dan engagement.

Pada penilaian awareness yang diperoleh dari jumlah/proporsi responden yang mengenal brand tersebut pada kategori produk/industrinya.

Kajian dilakukan dengan menyebutkan industri dan meminta responden secara prompted (visual) memilih brand yang mereka kenal pada kategori industri tersebut (multi response).

Nilai untuk kriteria total awareness ini adalah dalam persentase 1-100%. Kajian ini terbuka bagi mereka yang pernah memakai atau belum pernah memakai produk/jasa tersebut.

Dalam penilaian image, penilaian ini diperoleh dari pertanyaan sejauh mana responden merasa kualitas produk/layanan tersebut memadai dalam skala 1-5.

Kajian ini terbuka bagi mereka yang pernah memakai produk tersebut (sebagai satisfaction) atau yang belum pernah memakai produk tersebut (sebagai perceived quality).

Adapun pada penilaian engagement diperoleh dari pertanyaan sejauh mana responden ingin membeli (atau kembali membeli) produk atau layanan tersebut dalam skala 1-5.

Kajian ini terbuka bagi mereka yang pernah memakai produk tersebut (sebagai loyalty) atau yang belum pernah memakai produk tersebut (sebagai intention). (esy/jpnn)

 


Redaktur : Soetomo
Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler