Miliki Rambut Sehat dan Berkilau dengan 7 Perawatan Rumahan Ini

Sabtu, 16 Maret 2019 – 21:42 WIB
Rambut hitam sehat berkilau. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Rajin pergi ke salon ternyata tak cukup membuat rambut semakin sehat. Sebab, kesehatan rambut tergantung bagaimana kita merawatnya setiap hari.

Jadi, tak perlu mengeluarkan budget besar untuk bisa mendapatkan rambut sehat dan berkilau karena kita bisa melakukan perawatan rumahan.

BACA JUGA: 5 Kandungan Nutrisi yang Baik untuk Rambut

Dilansir dari The Guardian, setidaknya ada 7 cara yang bisa dilakukan untuk merawat rambut dalam keseharian.

Protein yang cukup

BACA JUGA: Santan Kelapa Jadi Resep Michelle Ziudith Merawat Rambut

Baca juga: Santan Kelapa Jadi Resep Michelle Ziudith Merawat Rambut

Rambut terbentuk dari lapisan unsur protein yang disebut keratin. Sehingga jika tidak mendapatkan protein yang cukup maka dapat membuat rambut kering dan rapuh. Untuk mendapatkan unsur protein yang dibutuhkan rambut, Anda mengonsumsi ayam, ikan, produk susu, dan telur dalam makanan harian agar lapisan protein tercukupi. Sedangkan untuk vegetarian, sumber protein yang baik untuk rambut dapat diperoleh dengan mengonsumsi kacang-kacangan, tahu dan quinoa. Karbohidrat kompleks dan zat besi juga penting untuk kesehatan rambut.

BACA JUGA: 7 Langkah Mudah Merawat Rambut di Rumah

Sisir rambut dengan lembut

Baca juga: Rambut Menipis, Kenali 5 Kesalahan dalam Merawatnya

Penggunaan sisir yang keliru menjadi salah satu penyebab paling umum kerusakan rambut. Gunakanlah sisir dari plastik atau berbentuk bulat. Menyisir rambut dari ujung dengan lembut menuju ke bagian atas kepala juga membantu menghindari kerontokan.

Jangan pakai hairdyer

Hairdryers dan alat styling yang dipanaskan dapat membuat rambut rapuh dan kurang bersinar. Rambut berubah ketika terkena panas dari terus-menerus. Sebaiknya Anda membiarkan rambut mengering dengan alami, dan jika menggunakan pengering rambut, gunakan semprotan pelindung atau serum. Lalu secara bertahap mulailah dari suhu terendah sebelum meningkatkan panas.

Obati ketombe dengan benar

Cuaca dingin bisa memperparah ketombe. Sampo yang mengandung zinc pyrithione atau salicylic acid direkomendasikan untuk mengobati ketombe. Jika ingin membuat scrub sendiri, Anda bisa menuangkan serpihan garam laut ke dalam sampo dan gosok ke permukaan kulit kepala sebelum mandi.

Hilangkan Stres

Stres dapat menyebabkan kerontokan rambut. Olahraga, diet sehat, meditasi, dan mengutamakan tidur dapat membantu menghilangkan stres tubuh dan pikiran.

Hidrasi rambut uban

Rambut uban memiliki tekstur lebih halus dan lebih rapuh, tetapi dapat terlihat lebih kasar karena kelenjar minyak menghasilkan lebih sedikit sebum seiring dengan bertambahnya usia. Sebaiknya Anda menggunakan kondisioner dan minyak yang menghidrasi dan melembapkan seperti argan dan jojoba sebagai bagian dari rutinitas untuk melembutkan rambut dan mengurangi kusam.

Potong rambut dengan teratur

Sangat penting untuk menyingkirkan ujung bercabang sebelum kerusakan bergerak ke atas. Idealnya potong ujung rambut setiap enam hingga delapan minggu.(jpc/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Miliki Rambut Sehat Berkilau dengan Baking Soda


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler