Minim Gaji, Dokter Puskesmas 24 Jam Mengundurkan Diri

Minggu, 09 Maret 2014 – 22:31 WIB

jpnn.com - KOTA JAMBI -- Sejumlah dokter yang bertugas di puskesmas dengan pelayanan 24 jam dikabarkan mengundurkan diri dari jabatannya. Hal ini tidak dibantah oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi, Polisman Sitanggang.

Hanya saja, menurutnya tidak seberapa yang mengundurkan diri. "Iya memang ada yang mengundurkan diri, tapi tak banyak," ungkap Polisman.

BACA JUGA: Bayi Perempuan Ditemukan Tergeletak di Rumah Kosong

Penyebab pengunduran diri para dokter itu sendiri lantaran minimnya honor yang mereka dapatkan,sementara mereka bekerja pada puskesmas yang buka 24 jam. Apalagi untuk dokter kontrak, sebulannya hanya mendapat gaji Rp 1,4 Juta.

"Ya mungkin juga lantaran pertimbangan gaji mereka. Yang mengundurkan diri itu kan dokter kontrak, sebulan hanya dapat Rp 1.4 juta, segitu memang yang dianggarkan APBD,” katanya.

BACA JUGA: Status Kualitas Udara di Riau Terus Memburuk

Polisman mengatakan, kedepannya akan mengupayakan penambahan gaji bagi dokter kontrak. "Kita akan tambahkan dan diajukan di ABT nanti, minimal Rp 2 juta per bulannya," ujarnya.

Meskipun ada beberapa dokter kontrak yang mengundurkan diri, Polisman mengatakan tidak mempengaruhi pelayanan terhadap pasien.

BACA JUGA: Satu Calon Anggota DPD Sultra Ditangkap, Dua DPO

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinkes Kota Jambi, dr Maulana juga mengatakan hal senada.  Menurutnya, dokter PNS pagi juga disiapkan untuk membackup dokter kontrak tersebut.

Dia juga mengatakan, sudah merupakan hak dokter kontrak untuk mundur dari jabatannya. Dan juga dalam kontrak tidak mengikat dokter untuk bekerja sampai habis kontrak.

"Pelayanan tetap jalan, dokter PNS masih ada, dokter kontrak itu sifatnya untuk tambahan saja karena pelayanan 24 jam," ucap Maulana.

Dia menyebutkan dokter yang memutuskan kontrak diantaranya dikarenakan melanjutkan sekolah, mendapat panggilan kerja ditempat lain. "Bukan hanya karena gajinya kecil, itu diantaranya saja," ucapnya.

Untuk pelayanan Puskesmas 24 jam saat ini, disebutkannya  sudah baik. Seperti Puskesmas Talanbangkung, setiap malam melayani sekitar 15 pasien yang dapat berobat. Tenaga dokter akan stand by dari pagi sampai sore, dan dari jam 8 malam sampai pagi dokternya on call, yang siap datang ketika dihubungi. "Perawat di Puskesmas tetap ada," paparnya.

Untuk Puskesmas perawatan 24 jam sendiri, di Kota Jambi saat ini sudah ada 5 puskesmas. Yakni Puskesmas Talangbakung, Tanjung Pinang, Aurduri, Kenali Besar dan Payo Selincah. (Enn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Delapan Jenazah Kecelakaan Maut Dipulangkan ke Maros


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler