Minim Opsi, Djanur Tempatkan Fredyan di Bek Sayap

Sabtu, 07 Oktober 2017 – 03:45 WIB
Pemain PSMS Medan selebrasi kemenangan. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, MEDAN - MEDAN


Pelatih PSMS Djadjang Nurdjaman harus memutar otak saat menjamu PSIS Semarang di Stadion Teladan, Sabtu (7/10) besok.

BACA JUGA: PSMS Harus Habis-Habisan, Hasil Seri Saja Tamat

Itu karena minimnya pemain di posisi full back baik di sektor kanan dan kiri membuat dia tak punya banyak opsi.

Akhirnya Djanur pun memainkan instingnya dengan menempatkan pemain di luar posisi aslinya.

BACA JUGA: Philep Hansen Mohon Doa Suporter Agar PSPS ke 8 Besar Liga 2

Seperti Fredyan Wahyu Sugiantoro yang mengisi sektor full back kanan menggantikan Derry Herlangga saat bersua Persibat Batang, Selasa (3/10) lalu.

Keputusan Djanur menempatkan pemain yang akrab disapa Ucil itu sektor kanan ternyata berbuah positif. Pemain kelahiran 11 April 1998 itu bermain apik menghalau serangan-serangan Laskar Alas Roban.

BACA JUGA: Persigo Semeru Yakin Imbangi Persebaya di Pertemuan Kedua

Fredyan cukup disiplin mengawal areanya meskipun aktif membantu serangan sehingga lawan benar-benar sulit menembus dari sektor yang ditempati Ucil.

Terbukti Persibat tak mampu mencetak gol ke gawang PSMS sampai akhirnya Ucil ditarik keluar karena cedera di menit ke-74. Semenit kemudian, Persibat mencetak gol dari celah yang ditinggalkan eks pemain Persis Solo itu.

“Dengan keberadaan saya yang masih sebentar di klub ini saya coba melihat potensi pemain karena memang tidak bisa banyak utak atik dan tambah pemain. Ya memang bukan sebuah gambling karena ternyata Fredyan punya kemampuan di posisi bek kanan,” kata Djajang.

Dengan kondisinya yang mulai membaik, Djanur sepertinya tak akan mengembalikan eks penggawa timnas U-19 itu ke posisinya sebagai gelandang, melainkan tetap memposisikannya di sektor full back kanan saat laga kontra PSIS Semarang, di Stadion Teladan, Sabtu (7/10) besok.

Itu terlihat pada latihan kemarin, Fredyan memakai rompi bersama para pemain yang diproyeksikan mengisi komposisi inti di sektor full back kanan.

“Tadi sudah kelihatan membaik makanya saya punya opsi seperti itu. Kalau pun kemungkinan ada rotasi mungkin tidak signifikan,” kata Djanur.

Sejauh ini Fredyan juga cukup baik mengisi posisi gelandang bertahan bersama Legimin Raharjo. Dia juga sudah menceploskan dua gol sejauh ini dari titik penalti.

Meskipun eks pemain timnas pelajar U-18 itu dipindahkan ke posisi bek sayap, rekan duet Legimin Raharjo dipercayakan kepada Alwi Slamet.

Fredyan sendiri tak mempermasalahkan perubahan posisinya. Apalagi eks kapten Persis Solo junior di Piala Soeratin 2014 itu ternyata bukan kali pertama melakoni posisi itu.

“Dari dulu saya memang bek kanan. Tapi sejak di Persis Solo Junior tiga tahun lalu, saya diubah posisi menjadi gelandang hingga saat ini,” kata Fredyan.

Begitupun Fredyan siap ditempatkan di posisi manapun jika dipercaya pelatih. “Tak masalah mau main di bek kanan ataupun gelandang. Kalau pelatih memerlukan saya sebagai bek kanan, saya siap saja,” kata pemain yang turut membawa PS TNI U-21 itu menjadi juara ISL U-21.(don)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kubu Persibat Ogah Komentari Soal Gol Penalti PSMS Medan


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler