Minim Prestasi, Ruki Diharapkan Berani Bongkar Kasus Besar Ini

Sabtu, 21 Februari 2015 – 07:59 WIB
Plt Ketua KPK, Taufiequrachman Ruki. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Lingkar Madani Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti menyampaikan, pelaksana tugas Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Taufiequrachman Ruki tidak memiliki banyak prestasi saat era kepemimpinannya di lembaga antirasuah tersebut.

"Ruki tidak mempunyai prestasi apa-apa. Dia hanya melakukan penangkapan almarhum Mulyana W Kusuma," kata Ray dalam diskusi bertemakan "Plt KPK: Solusi atau Pelemahan?," Jumat (20/2).

BACA JUGA: Politikus PDIP Sebut Megawati Sudah Dikriminalisasi

Namun demikian, lanjut Ray, keputusan Presiden Jokowi mengangkatnya sebagai plt komisioner KPK setelah Abraham Samad dan Bambang Widjojanto ditetapkan tersangka oleh Bareskrim Polri, diharapkan KPK era kepemimpinan Ruki tetap berani melanjutkan kasus-kasus besar yang ada seperti BLBI dan Century.

"Polri dan jaksa agung menjadi institusi sangat lambat dalam menangani suatu permasalahan korupsi. Maka KPK, kita harapkan bisa tuntaskan kasus besar itu," harapnya.

BACA JUGA: Jadi Tersangka Pencemaran Nama Baik Budi Waseso, Ini Komentar Rusli Habibie

Menurut dia, upaya presiden mengisi kekosongan pimpinan Korps Bhayangkara dan lembaga antirasuah itu belum bisa dikatakan sebagai tahapan final. Presiden masih perlu menyelamatkan dua institusi tersebut dari masalah yang terjadi.

"Keputusan Jokowi belum cukup. Dalam pidatonya, tidak memperlihatkan pembelaan yang cukup terhadap perjuangan antikorupsi. Padahal, pemberantasan korupsi terancam dengan tercabik-cabiknya KPK," katanya.(ris/jpnn)

BACA JUGA: Ruki Ancam Sanksi Orang KPK yang Dianggap Lalai

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ruki Isyaratkan Limpahkan Kasus BG ke Polri atau Kejaksaan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler