Minta Belas Kasihan Penculik

Keluarga Felix Batista Menanti Kabar

Jumat, 09 Januari 2009 – 06:26 WIB
MIAMI - Tak mudah bernegosiasi dengan penculik di Meksiko, sekalipun korban adalah aktivis anti penculikan Amerika Serikat (AS)Buktinya, meski sudah hampir sebulan menjadi sandera, hingga kemarin (8/1) kabar tentang Felix Batista tidak kunjung berembus

BACA JUGA: Laura Bush Pamer Piring Set Rp 5,3 M

Sampai-sampai, sang istri, Lourdes Batista, mengiba untuk meminta belas kasihan penculik agar sudi mengembalikan Batista ke pelukan keluarga.

"Saya mohon, lepaskan suami saya
Biarkan dia kembali kepada keluarga kami," ucap Lourdes seperti dirilis CNN kemarin

BACA JUGA: Demokrat Restui Burris Gantikan Obama

"Dia tak bersalah
Sebaliknya, dia justru selalu membantu orang lain dengan tangan terbuka

BACA JUGA: Rugi EUR 1 Miliar, Konglomerat Jerman Bunuh Diri

Tolong, saya sangat memohon kepada Anda dengan segenap hati," sambungnya.

"Saya meminta, setidaknya biarkan saya tahu bagaimana keadaan Felix kami tercinta," terangnya dalam konferensi pers yang di-cover banyak media massa, baik cetak maupun elektronik, tersebut.

Batista dilaporkan diculik oleh sekawanan pelaku kriminal ketika keluar dari sebuah restoran di Meksiko pada 10 Desember laluSaat itu pria 55 tahun tersebut baru empat hari menginjakkan kaki di Saltillo, sekitar 250 mil dari perbatasan AmerikaDia hendak menghadiri seminar bertema penculikan di sana.

Penculikan itu mendapatkan liputan luasBukti betapa gembong kriminal di Meksiko tak pilih-pilih dalam beraksi, seorang aktivis anti penculikan saja tak luput dari kejahatan mereka.

Sepanjang karir Batista sebagai konsultan keamanan AS, dia sering sekali berurusan dengan para penculik, terutama di wilayah Amerika LatinKhususnya, dia bernegosiasi untuk membebaskan sandera jika diminta oleh keluarga yang bersangkutanKini, rupanya bernegosiasi untuk kebebasan diri sendiri menjadi hal mustahil yang bisa dia lakukan.

"Saya tak habis pikir, kenapa pria yang begitu mencintai Meksiko seperti dia harus menanggung derita seperti ituHati saya hancurAnak-anak butuh ayahnyaJika Anda punya perasaan, tolong bebaskan dia," tutur istrinya.

Kini, pencarian Batista sudah ditangani agen intelijen AS, FBI.

"Biasanya, Anda segera dikontak (oleh penculik, Red)Tapi, kadang-kadang juga harus menunggu hingga beberapa waktuItu taktik untuk menekan," jelas Gary Noesner, mantan agen FBI.

Tingkat kriminalitas Meksiko memang tergolong tinggiPada 2008, jumlah kasus kriminal di sana meningkat dua kali lipat jika dibandingkan dengan setahun sebelumnyaKebanyakan pelaku kejahatan itu adalah penculik dan geng narkobaYang biasanya menjadi sasaran adalah warga asing atau Amerika karena diperkirakan sebagai orang berduitPemerintahan Presiden Felipe Calderon telah mengusahakan perang terhadap organisasi kejahatanDi antaranya, membangun penjara khusus penculik dan menyiapkan undang-undang yang menghukum mati penculik bila membunuh tawanan.

Tiga hari lalu, sebuah stasiun televisi Meksiko dibakar dan dilempari bom oleh orang tak dikenal serta meninggalkan surat ancaman berisi larangan pemberitaan tentang organisasi pengedar narkoba(ape/ami)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 60 Anggota Keluarga Besar Tewas Di Tangan Israel


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler