Misi Panser: Taklukkan Ghana, Jaga Tradisi

Rabu, 23 Juni 2010 – 04:16 WIB
LAWAN - Para pemain Ghana dalam laga melawan Australia, di Rustenburg, 19 Juni lalu. Foto: Robert Cianflone/Getty Images/FIFA.com.

JERMAN punya tradisi bagus di Piala DuniaDari 17 kali keikutsertaan, Der Panzer - sebutan Jerman - hanya sekali terhenti di babak penyisihan grup

BACA JUGA: Setia dengan Topengnya

Itu terjadi pada Piala Dunia 1938 silam.

Setelah itu, Jerman tak pernah terjegal di fase penyisihan grup
Bahkan Jerman pernah merasakan tiga kali juara (1954, 1974, 1990), empat kali runner up, dan dua kali menempati posisi ketiga

BACA JUGA: Lebih Suka di Fan Fest

Karena itu hasil itu timnas Jerman dijuluki pula sebagai tim spesialis turnamen.

Nah, di Piala Dunia 2010 Afsel, langkah Jerman kurang mulus di babak penyisihan grup
Setelah menang meyakinkan 4-0 atas Australia di pertandingan pertama Grup D, di partai kedua tim Panser tumbang 0-1 di tangan Serbia.

Dengan hasil itu, Jerman terancam mengulang "prestasi" Piala Dunia 1938

BACA JUGA: Nonton Langsung Brasil v Pantai Gading

Itu terjadi jika pada pertandingan dini hari nanti di Stadion Soccer City, Johannesburg (siaran langsung RCTI pukul 01.30 WIB) Jerman gagal mengalahkan Ghana, serta di waktu yang sama Serbia bisa mengalahkan AustraliaTidak ada jalan lain, untuk menghindari malu dan mengamankan satu tiket ke babak 16 besar, mau tidak mau Jerman harus bisa mengalahkan The Black Stars, sebutan timnas Ghana.

Pelatih Jerman Joachim Loew mengatakan bahwa partai terakhir penyisihan grup ini tidaklah mudah"Permainan Ghana cepat dan bisa bagus dalam serangan balikMereka tidak ragu untuk duel satu lawan satu, karena fisik merek kuatGhana punya pemain yang bisa berlari dengan fantastis," kata Loew seperti dilansir situs FIFA.

Loew menyatakan, melihat gaya bermain calon lawan, tempo permainan melawan Ghana dini hari nanti akan lebih tinggi dibanding saat melawan Serbia"Tempo Serbia sedikit lebih slow dan mengandalkan striker tunggal," sambungnya.

:TERKAIT Untuk menjinakkan Ghana, menurut Loew, kuncinya ada pada kebugaran pemain"Laga melawan Ghana akan berjalan lebih cepatDan kebugaran tim adalah kunci utama, dan kami bisa melakukannya," cetusnya.

Menghadapi Ghana, Jerman punya modal sejarah bagusDi empat laga pemungkas babak penyisihan grup di empat Piala Dunia terakhir, Der Panzer selalu menangKedua tim sendiri sejauh ini baru sekali bertemu, yaitu di laga ujicoba pada 14 April 1993 laluHasilnya, Jerman menang telak 6-1.

Tapi, saat meladeni Ghana kali ini, Jerman tidak bisa turun dengan skuad terbaik, karena striker Miroslav Klose mendapat kartu merah saat kalah dari Serbia"Kami butuh spirit maksimal yang dimiliki tim iniSebab ini tak ubahnya partai final bagi kami," tegas striker Lukas Podolski.

Sementara itu, kubu Ghana saat ini tengah dibalut kepercayaan diri tinggiSebab skuad Black Stars belum terkalahkan di dua laga awal dan hanya butuh hasil seri untuk mengulang prestasi Piala Dunia 2006 JermanSaat itu, berstatus tim debutan, Ghana berhasil melangkah ke fase knock out.

Menurut pelatih Milovan Rajevac, melawan Jerman timnya tidak diunggulkanTapi itu tidak membuat timnya tertekan"Saya rasa tidak ada tekanan untuk kamiMungkin Jerman yang lebih banyak tertekan, karena mereka adalah favoritKami semua tahu Jerman adalah tim bagusTapi kami percaya kami juga punya tim yang tak kalah bagusnyaKami harus tetap kompak, dan saya yakin kami bisa memenangkan pertandingan," kata Rajevac(ali/ito/jpnn)

Perkiraan Pemain

Ghana (4-5-1): 22-Richard Kingson (g); 4-John Pantsil, 15-Isaac Vorsah, 5-John Mensah, 2-Hans Sarpei, 12-Prince Tagoe, 6-Anthony Annan, 21-Kwadwo Asamoah, 23-Kevin-Prince Boateng, 13-Andre Ayew, 3- Asamoah Gyan
Pelatih: Milovan Rajevac

Jerman (4-5-1): 1-Manuel Neuer (g); 16- Philipp Lahm, 17-Per Mertesacker, 3-Arne Friedrich, 14-Holger Badstuber, 13-Thomas Mueller, 6-Sami Khedira, 8-Mesut Ozil, 7-Bastian Schweinsteiger, 10-Lukas Podolski, 19-Cacau
Pelatih: Joachim Loew

Wasit: Carlos Simon (Brazil)
Stadion: Soccer City, Johannesburg

Lima Laga Terakhir
Ghana
13/06/10 v Serbia (away)                              0-1
05/06/10 v Latvia (home)                              1-0
01/06/10 v Belanda (away)                           4-1
03/03/10 v Bosnia-Herzegovina (away)     2-1
31/01/10 v Mesir (home )                              0-1
Jerman
18/06/10 v Serbia (home)                             0-1
13/06/10 v Australia (away)                          0-4
03/06/10 v Bosnia-Herzegovina (home)    3-1
29/05/10 v Hungaria (away)                         0-3
13/05/01 v Malta (home)                               3-0

Di atas kertas
Kepercayaan diri skuad Ghana meninggi karena belum terkalahkan di dua laga yang sudah dijalani (sekali menang dan sekali seri)Sementara, Jerman selalu menang di laga ketiga babak penyisihan grup di empat Piala Dunia terakhir.

Bursa Asian Handicap
1:0

Kalkukasi Lolos Grup D

Ghana lolos jika:
- Menang atau imbang melawan Jerman

Jerman lolos jika:
- Menang melawan Ghana
- Imbang melawan Ghana, tapi Serbia dan Australia berakhir seri dengan jumlah gol yang tidak melebihi jumlah gol Jerman

Serbia lolos jika:
- Menang melawan Australia
- Seri melawan Australia tapi Jerman kalah dari Ghana

Australia lolos jika:
- Menang melawan Serbia dan Jerman kalah dari Ghana

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anjing Laut Itu Tidur Pulas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler