Misteri Foto Pesawat Tenggelam di Dasar Danau Terjawab

Rabu, 02 Maret 2016 – 09:46 WIB
Foto pesawat yang terekam Google Earth.

jpnn.com - Beberapa bulan terakhir ramai menjadi perbincangan di dunia maya tentang foto pesawat yang seolah-oleh tenggelam di dasar danau Harriet, Minneapolis, Amerika Serikat. Foto itu menjadi viral setelah muncul di laman Google.

Sontak foto tersebut membuat banyak pihak kelimpungan. Namun, setelah dilakukan penyelidikan, otoritas terkait menyebut tidak ada catatan kecelakaan pesawat di daerah tersebut. Misteri pun berlanjut. Apalagi setelah pejabat yang mengelola taman di Minneapolis juga mengaku tak tahu ada kejadian kecelakaan.

BACA JUGA: Pembunuh Gubernur Ini Malah Dianggap Pahlawan

Ternyata, setelah dilakukan penyelidikan, ada jawaban sederhana mengungkap foto aneh tersebut. Itu bermula dari bagaimana Google menghasilkan citra satelit. Sepertinya foto danau dan pesawat yang sedang melintas, terekam bersamaan oleh Google Earth.

Penyatuan dua citra itu kemudian menghasilkan foto baru yang memperlihatkan seolah-olah ada pesawat tenggelam di dasar danau.

BACA JUGA: Cerita Militer India dan Celana Dalam...

"Singkatnya, setiap gambar satelit yang Anda lihat di peta sebenarnya adalah susunan dari beberapa gambar. Objek bergerak cepat seperti pesawat seringkali terekam sekali di antara banyak gambar yang kita gunakan untuk daerah tertentu," kata juru bicara Google Maps, Susan Cadrecha seperti dilansir Mirror.

Danau Harriet memang terletak di jalur penerbangan yang sibuk. (jpnn/pda)

BACA JUGA: Bongkar Hutan, Polisi Prancis Bentrok dengan Migran

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Parah, Presiden Kok Terjerat 738 Kasus Korupsi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler