Mitsubishi Ubah Struktur Bisnis, Diler Dibagi 3

Senin, 17 Oktober 2016 – 07:16 WIB
Ilustrasi. Foto: Reuters

jpnn.com - JAKARTA – Pabrikan otomotif Mitsubishi melanjutkan restrukturisasi bisnisnya di Indonesia.

Setelah berhasil memperkuat segmen kendaraan penumpang (passenger car), Mitsubishi kini mendirikan dua entitas untuk mengurus kendaraan penumpang dan kendaraan niaga (commercial vehicle).

BACA JUGA: Transaksi Flazz BCA Mencapai Rp 50 Miliar

Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Hisashi Ishimaki menyatakan, perubahan itu efektif berlaku mulai 1 April 2017.

Mitsubishi bakal membentuk entitas bisnis baru untuk mengendalikan manufaktur dan distribusi Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC).

BACA JUGA: Ini Spesifikasi Reklame Rokok yang Dilarang

Selain itu, manufaktur mobil yang selama ini dikendalikan Mitsubishi Motor Corporation (MMC) dialihkan ke PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI).

MMKI yang berdiri sejak Desember 2014 dimiliki sahamnya oleh MMC (51 persen), Mitsubishi Corporation (40 persen), dan Krama Yudha (9 persen).

BACA JUGA: Pengusaha Minta Keran Ekspor Bauksit Dibuka

Ketiganya mengalihkan bisnis distribusi MMC ke perusahaan baru yang sedang dipersiapkan. MMC fokus pada bisnis passenger car dan light commercial vehicle alias kendaraan niaga ringan.

”Tiap perusahaan akan lebih fokus, lebih sederhana,” kata Ishimaki saat berbincang dengan media di Arcadia Senayan pada Jumat malam (14/10).

Dia membantah restrukturisasi tersebut dilakukan karena masuknya Nissan sebagai pemegang saham di perusahaan prinsipal Mitsubishi di Jepang.

Restrukturisasi yang disiapkan sejak empat tahun silam itu dilakukan untuk memperluas bisnis Mitsubishi di Indonesia.

”Pasar otomotif Indonesia berkembang pesat dan diprediksi terus meningkat. KTB bersama para pemegang saham telah mempelajari bermacam kebijakan untuk mengoptimalkan bisnis kendaraan Mitsubishi di Indonesia,” jelas Ishimaki.

Setelah restrukturisasi, diler Mitsubishi akan dibagi menjadi tiga. Salah satunya, fokus di kendaraan penumpang dan kendaraan niaga.

Sebagian diler akan menjual dan melayani purnajual kendaraan penumpang maupun kendaraan niaga. (gen/c5/noe)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Telkom Makin Fokus Garap 7 Bisnis Digital


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler