MK Diserahi Hasil PSU Konawe Utara

Selasa, 01 Februari 2011 – 22:22 WIB

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Utara (Konut) menyerahkan hasil pemungutan suara ulang (PSU) di 10 desa dan satu kelurahan ke Mahkamah Konstitusi (MK)Penyerahahan satu bundel berkas pemenang berdasarkan pleno KPU Konut dilakukan oleh Ketua KPU Konut, Indra Supriadi bersama dengan dua orang anggota KPU lainnya, Marwati dan Busran.

"Iya sudah kami serahkan di MK berdasarkan hasil pleno," kata Indra Supriadi ketika dihubungi di Jakarta, Selasa (1/2)

BACA JUGA: SBY Diminta Tidak Reaktif

Menurut Indra, hasil yang dilaporkan di MK berdasarkan hasil keputusan pleno yang dimenangkan pasangan Aswad Sulaiman P-Ruksamin


Selain hasil PSU, kata dia, pihaknya juga menyerahkan berita acara pleno rekapitulasi suara

BACA JUGA: Dukung Penetapan, PKB Ajukan Syarat ke Sultan

"Satu bundel, masing-masing satu rangkap kita serahkan," katanya.

Berkas diserahkan sekitar pukul 15.00 WIB yang diterima oleh Petugas Bagian Penerimaan Perkara MK, Widiatmoko.

Bagaimana kesiapan KPU Konut menghadapi gugatan dari calon? Indra mengatakan, sejauh ini belum ada yang mendaftarkan gugatan ke MK.

"Saya tidak tahu kalau ada calon yang mendaftarkan gugatan, tapi sampai saat ini belum ada mendaftar
Mungkin besok ( hari ini red.) kalau ada, tapi kami sebagai lembaga siap menghadapinya," katanya.

Sebagaimana diketahui, MK memerintahkan KPU Konut melakukan pemungutan suara ulang di 10 desa dan satu kelurahan di lima kecamatan di Kabupaten Konawe Utara

BACA JUGA: KPUD Tangsel Disemprit Panwaslukada

PSU digelar setelah MK mengabulkan sebagian permohonan pemohon dari pasangan calon bupati Slamet Riyadi-Rudin Lahadi, hasil Pemilikada Konut pada November 2010 silam yang dimenangi pasangan Aswad Sulaiman P-Ruksamin.

PSU digelar di 15 Tempat Pemungutaan Suara (TPS) yang tersebar di 10 desa dan satu kelurahanYakni Desa Bandaeha Kecamatan
Molawe, Desa Tondowatu dan Desa Motui Kecamatan Sawa, Desa Wawolesea, Desa Lemobajo, Desa basule, Desa Waworaha, Desa Lametono dan Desa Toreo Kecamatan LasoloDesa Poloro Indah Kecamatan Lembo dan Kelurahan Lembo Kecamatan Lembo.

PSU digelar pada 25 Januari lalu, dan pleno rekapitulasi suara hasil PSU digelar Jumat (28/1) pekan lalu.  Dari hasil PSU ini, pasangan Aswad Sulaiman P-Ruksamin kembali unggul.

Aswad-Ruksamin memperolh 2330 suara mengungguli pesaing terdekatnya Sudiro-Sitti Halna yang memperoleh 1810 suaraJika ditotal dengan seluruh raihan suara di TPS lainnya yang dilaksanakan saat Pemilukada pertama lalu, Aswad mengumpulkan total suara 10.009 atau 30,9 persen dari 32.329 suaraSedangkan Sudiro-Sitti Halna mengumpulkan 7.361 suara di seluruh TPS di Konut atau 23,60 persen(awa/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Akbar Tandjung Dorong Angket Mafia Pajak


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler