MKD Terima Laporan Ketum Kamaksi soal Perayaan Ultah Puan Saat Rapat Paripurna 

Senin, 12 September 2022 – 22:29 WIB
Wakil Ketua MKD Habiburokhman menyebut pihaknya akan membahas secara internal laporan yang dilayangkan Ketua Umum Kaukus Muda Anti Korupsi Joko Priyoski. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) menerima laporan yang dilayangkan Ketua Umum Kaukus Muda Anti Korupsi (Kamaksi) Joko Priyoski soal dugaan pelanggaran etik Ketua DPR Puan Maharani.

Wakil Ketua MKD Habiburokhman menyebut pihaknya akan membahas secara internal laporan yang dilayangkan Joko.

BACA JUGA: Puan Dilaporkan ke MKD Gegara Rayakan Ultah di Paripurna, Junimart Merespons Begini

"Kami bahas dalam rapat pleno terdekat," kata legislator Fraksi Partai Gerindra itu melalui layanan pesan, Senin (12/9).

Habiburokhman mengatakan laporan yang dilayangkan Joko berkaitan agenda rapat paripurna di DPR RI pada Selasa (6/9). 

BACA JUGA: Mahfud Sudah Diperiksa MKD, Habib Aboe Sebut Semua Klir

Adapun, terselip perayaan ulang tahun Puan saat rapat beragenda pengambilan keputusan tingkat II atas RUU tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBN 2021 itu.

"Kalau saya baca laporannya terkait menyayikan lagu ulang tahun kepada Bu Puan Maharani saat rapat paripurna tempo hari," ujar Habiburokhman.

BACA JUGA: Pelapor Bamsoet Minta Maaf dan Cabut Laporannya di MKD

Legislator Komisi III DPR RI itu pada prinsipnya menyebut tidak ada perayaan ulang tahun saat rapat paripurna. 

"Situasinya sama seperti orang biasa yang saling mengucapkan selamat ulang tahun apabila ada kolega yang kebetulan berulang tahun di tempat kerja," ujar dia.

Sebelumnya, Ketua Umum Kamaksi Joko Priyoski mendatangi Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (12/9) ini demi melaporkan Puan ke MKD.

Adapun, laporan dilayangkan karena Puan dianggap melanggar kode etik saat memimpin rapat paripurna di DPR RI dengan agenda pengambilan keputusan tingkat II atas RUU tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBN 2021, pada Selasa (6/9) kemarin.

Joko mengatakan Puan terkesan menggunakan acara resmi di DPR sebagai kegiatan pribadi.

Sebab, katanya, cucu Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno itu terkesan memanfaatkan forum resmi menjadi acara pribadi.

Aktivis 1998 itu menyebut Puan tidak menskors rapat Selasa kemarin, ketika Ketua DPP PDI Perjuangan tersebut memperoleh kejutan perayaan ulang tahun pada momen yang sama.

"Seharusnya, itu skors dahulu. Itu lagi forum resmi, malah ada kegiatan pribadi," ujar Joko ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin. (ast/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dianggap Berpihak kepada Irjen Ferdy Sambo, Bamsoet Dilaporkan ke MKD


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler