Mladic Kooperatif Jelang Sidang

Jumat, 03 Juni 2011 – 14:25 WIB
DEN HAAG - Setelah dua hari menginap di ruang isolasi penjara Pengadilan Kriminal Internasional untuk Bekas Yugoslavia (ICTY), Ratko Mladic bakal menjalani sidang hari ini (3/6)Dalam persidangan, Mladic akan dikonfirmasi soal identitas dirinya di hadapan panel tiga hakim

BACA JUGA: Tornado Kembali Terjang AS

Selain itu, tokoh yang dikenal sebagai jagal Muslim Bosnia tersebut juga akan mendengarkan 11 dakwaan yang dituduhkan kepada dirinya.

"Dia sangat kooperatif," kata John Hocking, panitera ICTY, mengomentari perilaku Mladic sejak menginjakkan kaki di Den Haag kali pertama
Meski sempat mengaku terlalu sakit sampai tak sanggup berbicara, Mladic ternyata sangat komunikatif

BACA JUGA: WHO: Mentimun Maut Dipicu Varian Baru Bakteri

Bahkan, Hocking mengaku tidak ada kesulitan apapun dalam berdialog dengan mantan jenderal 69 tahun tersebut
Komunikasi dua arah berjalan lancar.

Pernyataan senada dipaparkan Duta Besar Bosnia untuk Belanda Miranda Sidran Kamisalic

BACA JUGA: Tornado Kembali Terjang AS

Selasa petang (31/5), Kamisalic ikut menyambut kedatangan Mladic di Bandara RotterdamDia sempat berjabat tangan dengan petinggi militer Serbia yang menginstruksikan pembantaian sekitar 8.000 muslim Bosnia di Srebrenica tersebut"Dia cukup banyak bicaraUcapannya juga jelas," ungkapnya.

Begitu tiba di Den Haag, Mladic langsung menjalani tes kesehatanSebab, pihak keluarga berkali-kali menegaskan bahwa tokoh yang buron selama 16 tahun terakhir itu sakit beratHasil pemeriksaan menyatakan bahwa dia sehatMladic pun telah diberi kesempatan untuk mempersiapkan diri menghadapi sidangTermasuk, memilih pengacara.

Sidang Mladic akan berlangsung mulai pukul 10.00 waktu setempat (sekitar pukul 15.00 WIB)Hakim Ketua Alphons Orie dari Belanda akan memimpin sidangDia akan didampingi hakim Christoph Fl?ari Jerman dan Bakone Justice Moloto dari Afrika Selatan (Afsel).

"Setelah menunggu 16 tahun, akhirnya hukum akan bicara," kata Jaksa ICTY Serge BrammertzDia mengaku lega karena pemerintah Serbia menolak banding Mladic dan mau mengekstradisi diaSelain otak Pembantaian Srebrenica pada Juli 1995, ayah Darko Mladic itu dituduh terlibat pendudukan Sarajevo selama 44 bulanDalam peristiwa itu, tak kurang dari 10.000 orang tewas.

Sementara itu, ICTY mulai mempersiapkan sidang yang menyedot perhatian dunia ituMulai kemarin berbagai media dari dalam dan luar negeri mulai memadati halaman gedung pengadilan yang terletak di Churchillplein, Den Haag, tersebut.

Untuk mengakomodasi media, ICTY menyewa gedung pertemuan yang terletak di seberang gedung pengadilanBeberapa layar raksasa didirikan di beberapa titik strategisJumlah pengunjung dipastikan akan membeludakSekitar 100 kursi tambahan juga disiapkan di dalam ruang sidang"Kami juga menyiapkan sedikitnya seratus kursi lain di luar ruangan," terang humas ICTY(AFP/AP/hep/dwi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Korban Mentimun Maut, 100 Lagi Masuk RS


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler