Mobil Nissan Sudah Bisa Dikemudikan Tanpa Bantuan Tangan

Jumat, 17 Mei 2019 – 14:52 WIB
Ilustrasi pengembangan teknologi Nissan ProPILOT 2.0. Foto: Nissan

jpnn.com - Teknologi bantuan pengendara, ProPILOT terus mendapat pengembangan oleh Nissan. Tahun ini, pembuat mobil Jepang akan memperkenalkan generasi kedua, ProPILOT 2.0 dan akan disematkan pertama kali di model Skyline.

Pengembangan ProPILOT 2.0 terlihat lebih advance dan hampir setara teknologi otonom. Sistem bekerja dengan memantau marka jalan dan persimpangan, dipadukan pula dengan sistem navigasi untuk memudahkan kendaraan bermanuver sesuai dengan rute yang akan ditempuh.

BACA JUGA: Bos Infiniti Merapat ke Jeep, Nissan Segera Umumkan Pengganti

BACA JUGA: Nissan Setop Produksi X-Trail

Informasi-informasi diolah sedemikian rupa ke sistem sebagai perintah lanjutan, sehingga memungkinkan pengemudi bisa melaju tanpa melibatkan pengendalian tangan.

BACA JUGA: Daimler Rencanakan Akhiri Kemitraan dengan Aliansi Renault - Nissan

Diyakini untuk kali pertama sistem tersebut memungkinkan pengendara tak perlu meletakkan tangannya di lingkar kemudi saat melaju di jalur tunggal.

Mengoperasikannya, pengendara harus terlebih dahulu menyiapkan jalur yang akan ditempuh melalui sistem navigasi. Ketika kendaraan masuk jalur tol, sistem berkendara otomatis sudah bisa digunakan.

BACA JUGA: Nissan Bakal Pangkas Produksi Sekitar 15 Persen?

ProPILOT akan mendata secara simultan melalui sensor 360 derajat dan sistem navigasi memprediksi waktu untuk kendaraan ketika menghadapi persimpangan atau melewati kendaraan yang melambat.

Peringatan audio dan panduan visual akan diberikan pada pengendara kapan waktunya kembali mengambil alih kemudi dan juga mengkonfirmasi operasional gunakan tombol.

Skyline ini akan disematkan berbagai kombinasi kamera, radar, sonar, GPS dan data 3 dimensi high definition, informasi terbaru di sekitar dan presisi kendaraan ketika di jalan raya.

Kendati hampir otonom, sistem tetap melakukan pengawasan terhadap pengemudi untuk selalu dan tetap memerhatikan jalan raya. (mg8/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menapaki Sejarah di Edisi Setengah Abad Nissan GT-R


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler