Moeldoko Ajak Mahasiswa Ikut Genjot Pembangunan SDM

Sabtu, 24 Maret 2018 – 02:10 WIB
Moeldoko. Foto: KSP

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengajak para mahasiswa ikut menggenjot pembangunan sumber daya manusia (SDM) berkualitas.

"Amerika saat ini sedang gelisah menghadapi tenaga kerja dari India. Sebab, hampir sebagian besar sistem perbankan dan yang lainnya itu software-nya dihasilkan oleh orang-orang India. Kita jangan seperti itu. Apalagi dalam konteks Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), kita harus segera membangun competitiveness agar bisa bersaing," ungkap Moeldoko, Jumat (23/3).

BACA JUGA: 4.974 Mahasiswa Ikut Seleksi ONMIPA-PT 2018 Tahap II

Pemerintah, lanjut Moeldoko, juga berupaya mengurangi ketimpangan lewat program-program seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

"Kemiskinan, keterbelakangan, dan kebodohan adalah tantangan nasionalisme Indonesia. Untuk itu, masyarakat dan pemerintah harus berupaya untuk menanggulangi persoalan tersebut," tegas Moeldoko.

BACA JUGA: Sowan Ke Moeldoko, Tinton Tagih Janji MotoGP Indonesia

Moeldoko menambahkan, peningkatan SDM untuk mengelola dana desa adalah salah satu masalah program tersebut.

Menurut Moeldoko, Indonesia memiliki 74 ribu desa sehingga tidak mudah untuk menyelesaikan masalah itu.

BACA JUGA: Moeldoko Ajak Santri Tidak Meragukan Pancasila

Namun demikian, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) sudah menyiapkan tim untuk mendampingi penggunaan dana desa.

"Ini memang ada disruption. Maka yang diperlukan saat ini adalah bagaimana kita semuanya ikut mendampingi. Namun, menterinya (Mendes PDTT) sudah menyiapkan tim pendampingan untuk dana desa," tutur Moeldoko.

Di sisi lain, dia juga meminta mahasiswa untuk ikut melihat dan merasakan kondisi yang ada di lapangan.

Termasuk ikut mendampingi pengelolaan dana desa yang setiap desa mendapat asupan dana rata-rata sebanyak Rp 800,4 juta.

"Tolonglah, mahasiswa ikut memikirkan agar dana itu berjalan efektif dan efisien. Sebab, pemerintah punya semangat untuk ingin segera membantu daerah-daerah yang tertinggal," kata Moeldoko. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sudah Dialokasikan Dana Beasiswa untuk 16 ribu Mahasiswa


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler