Mohon Dibantu, ERK Butuh Duit buat Manggung di Amerika

Rabu, 14 Februari 2018 – 21:10 WIB
Efek Rumah Kaca cari dana. (Instagram/sebelahmata_erk)

jpnn.com - Keberhasilan Efek Rumah Kaca (ERK) menembus festival South by South West (SXSW) 2018 menimbulkan masalah baru. Mereka kini harus mencari duit untuk biaya kebutuhan sehari-hari selama di Amerika Serikat.

Tak kehabisan akal, band sensasional ini membuka diri bagi tawaran manggung dari mana pun mulai 18 Februari-13 Maret 2018.

BACA JUGA: Efek Rumah Kaca Menembus Amerika

Mereka bahkan bakal tampil dengan formasi full team, yaitu lengkap dengan sang vokalis yang saat ini tinggal di New York, Cholil Mahmud.

"Jadi kita cari duit dulu. Maksudnya mereka mengundang kita lah. Jadi, kalimatnya itu kita siap diundang untuk dukung kita main di sana (SXSW). Uangnya bener-bener mau dipakai untuk keperluan kita di sana," kata Akbar Bagus Sudibyo, drummer ERK saat ditemui di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, Selasa (13/2).

BACA JUGA: Bekraf Dorong Ekonomi Kreatif Lewat Program Satu Pintu

Menurut Akbar, ERK masih membutuhkan dana untuk membiayai kebutuhan selama kurang lebih seminggu di Amerika. Sebab, bantuan dari pemerintah melalui Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) sebatas tiket pesawat pulang-pergi dan penginapan.

"Memang bekraf sangat membantu kita. Cuma, di sana, kita kan lumayan lama, nggak bantu dalam makannya. (bantuan) Tiket bolak-balik, penginapan. Jadi, ya menghidupi kita di sana perlu (galang dana)," ungkapnya.

BACA JUGA: Kejutan!!! Efek Rumah Kaca Gelar Konser Homecoming Malam Ini

Apalagi, lanjutnya, ERK hendak membawa tim lengkap yang jumlahnya total ada 10 orang. Tetapi, Bekraf membatasi pemberian bantuan hanya untuk 5 orang saja.

Untuk menunjukkan keseriusan penggalangan dana tersebut, Akbar mengungkapkan bahwa Cholil sang vokalis sampai rela pulang ke tanah air. Dengan maksud, menarik para penggemar untuk menonton aksi panggung ERK.

"Jadi pas begitu kita umumin kita mau galang dana, ya berarti kholil harus pulang. Dia (Cholil) bilang "udah deh gua balik, kalau gua ngga balik nanti malah ngga ada yang mau datang". Akhirnya dia balik," ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan sudah ada sekitar 6 jadwal manggung di Jakarta dan beberapa kota lainnya. Salah satu yang sudah diumumkan, mereka akan manggung di acara bertajuk The Sounds Project tanggal 24 Februari, di Kuningan City, Jakarta.

Berencana mengundang ERK tampil di acara kalian, semua ketentuannya bisa dilihat di akun Instagram mereka @sebelahmata_erk.

Sebagaimana diketahui, ada tiga musisi tanah air yang terpilih tampil di SXSW 2018, yakni Efek Rumah Kaca, duo Kimokal, dan rapper Rich Brian. (str/JPC)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Disclaimer Opinion, Lembaga Bentukan Jokowi Disorot


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler