Momen Bersejarah, Epson Meresmikan Pabrik Proyektor Buatan Indonesia di Cikarang

Rabu, 14 Agustus 2024 – 16:50 WIB
Peresmian pabrik proyektor pertama Epson di Indonesia yang berlokasi di Kawasan Industri EJIP Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Foto: Dokumentasi Epson

jpnn.com, CIKARANG - Epson dengan bangga meresmikan lini produksi proyektor pertamanya di Indonesia menandai babak baru dalam industri teknologi visual di tanah air.

Pabrik yang terletak di jantung industri Indonesia ini berlokasi di Kawasan Industri EJIP Cikarang merupakan simbol kemajuan teknologi.

BACA JUGA: Printer Epson EcoTank A3 Tawarkan Kapasitas Besar dengan Harga Terjangkau

Peresmian ini sekaligus bukti nyata dari komitmen Epson untuk mendukung industri dalam negeri dan program pemerintah dalam meningkatkan Penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN).

Hal tersebut merupakan tonggak penting dan momen bersejarah dalam perjalanan Epson untuk memperkuat kehadirannya di pasar Indonesia dan mendukung pengembangan teknologi lokal melalui proyektor LCD karya anak bangsa.

BACA JUGA: Epson Perkenalkan Teknologi Printing Ramah Lingkungan di Labdanation Fashion Week 2024

Peresmian ini juga ditandai dengan dimulainya produksi dan pengiriman pertama proyektor LCD yang sepenuhnya dirancang dan diproduksi oleh talenta-talenta terbaik Indonesia.

Merupakan pencapaian besar yang menunjukkan komitmen Epson sebagai pemimpin pasar proyektor di Indonesia dan di dunia dalam mendukung industri teknologi nasional dengan menyediakan produk berkualitas tinggi untuk pasar domestik maupun internasional.

BACA JUGA: Epson Meluncurkan Printer Monna Lisa ML-13000, Tawarkan Kualitas Cetak Luar Biasa

Persemian kali ini dihadiri berbagai stakeholder Epson Takaso Tomoo selaku Executive Officer & Chief Operating Officer, Visual Product Operation Division, Seiko Epson Corporation.

Selanjutnya, Siew Jin Kiat selaku Regional Managing Epson Southeast Asia, kemudian Emile Pattiwael selaku Presiden Direktur PT Indonesia Epson Industry.

Selain itu juga hadir dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, yang diwakilkan Asisten Deputi Koordinasi Bidang Perniagaan dan Industri Ekko Harjanto.

Selanjutnya juga hadir dari Kementerian Perindustrian, yakni Direktur Industri Elektronika dan Telematika (IET) Priyadi Arie Nugroho, dan Kepala Pusat Pengingkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Heru Kustanto.

"Proyektor buatan anak bangsa ini adalah bukti nyata dari komitmen Kami untuk terus berinovasi dan mendukung pengembangan teknologi di Indonesia," ujar Ng Ngee Khiang, Managing Director dari Epson Indonesia.
Dia berharap Epson dapat berkontribusi lebih banyak lagi bagi kemajuan industri teknologi di Indonesia.

Asisten Deputi Pengembangan Industri Deputi V Bidang Kordinasi Perniagaan dan Industri Kemenko Perekonomian Ekko Harjanto menyampaikan selamat kepada 56 sertifikat TKDN yang dimiliki oleh Epson
sebagai pioneer produksi penjualan ke berbagai negara melalui prestasinya yang hingga kini dapat melakukan ekspansi distribusi secara langsung.

Pabrik baru ini dilengkapi dengan teknologi mutakhir yang memungkinkan peningkatan efisiensi produksi serta pengurangan dampak lingkungan.

Dengan luas area mencapai sekitar 30 ribu meter persegi, fasilitas ini mampu memproduksi berbagai produk inovatif Epson, termasuk proyektor, printer, scanner dan perangkat elektronik lainnya.

“Kami mengapresiasi peran dan upaya Epson Indonesia dalam mengembangkan produk elektronika di dalam negeri, terutama produk printer dan proyektor LCD, yang sejalan dengan program peningkatan nilai tambah industri yang dicanangkan oleh pemerintah," kata Direktur Industri Elektronika dan Telematika Priyadi Arie Nugroho.

Dia berharap proyektor LCD buatan Epson dapat merambah ke pasar ekspor, selain tentunya untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri.

Kepala Pusat Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Heru Kustanto berharap ekspansi cepat sektor elektronik tidak hanya meningkatkan kapabilitas teknologi Indonesia, tetapi juga menciptakan lapangan kerja dan mendorong kemajuan di sektor ekonomi.

Lebih dari 50 produk Epson meliputi printer, proyektor dan scanner telah memiliki sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang ke depannya akan terus bertambah.

Epson telah menorehkan sejarah gemilang sebagai bagian tak terpisahkan dari kemajuan bangsa ini.

Dengan tiga perusahaan utama yang beroperasi di Indonesia, yakni PT Epson Indonesia, PT Indonesia Epson Industry & PT Epson Batam, lebih dari 50 produk Epson telah bersertifikat TKDN dan terus bertambah.

Epson memiliki komitmen untuk terus berkarya di Indonesia menghasilkan produk yang inovatif dan juga bermanfaat bagi masyarakat.

Epson memberikan kontribusi yang cukup signifikan, terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia di mana sekitar 15 persen dari total nilai ekspor elektronika Indonesia adalah merupakan kontribusi dari
Epson.

Keterlibatan masyarakat lokal tidak hanya membantu dalam membangun tenaga kerja yang terampil, tetapi juga menunjukkan dedikasi Epson dalam memberikan kontribusi yang berarti bagi komunitas tempat mereka beroperasi.

Selain itu, hal ini juga dapat membantu dalam memastikan produk yang dibuat benar-benar mencerminkan kebutuhan dan keinginan pasar lokal, sekaligus memperkuat posisi Epson sebagai merek yang bertanggung
jawab secara sosial.

Diresmikannya pabrik ini merupakan wujud pembuktian Indonesia memiliki kualitas tenaga kerja yang mampu menghasilkan produk berkualitas tinggi.

Selain itu, pembukaan pabrik ini dapat menambah nilai investasi Epson di Indonesia.

Pabrik ini tidak hanya akan memperkuat posisi Epson di pasar Indonesia tetapi juga memberikan peluang baru bagi talenta lokal untuk berkontribusi dalam pengembangan teknologi proyektor.

Epson berharap pabrik ini akan menjadi pusat inovasi dan pengembangan teknologi proyektor di Indonesia.

Adanya pabrik ini didukung oleh prestasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang telah diraih Epson Indonesia, dan diharapkan mampu mendistribusikan produknya ke seluruh dunia.

Berdasarkan data yang dirilis Futuresource Consulting pada periode tahun fiscal FY23, Epson memimpin pangsa pasar proyektor global dan Indonesia sekitar 51 persen yang menunjukkan Epson dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna serta sekaligus menetapkan standar produk berkualitas tinggi pada pasar proyektor.

Terlebih Epson memiliki lini produk proyektor yang luas dan lengkap baik untuk dunia pendidikan, dunia perkantoran, industri kreatif serta pengguna rumahan

Keunggulan Pabrik Baru Epson di Cikarang:

1. Teknologi Ramah Lingkungan

Pabrik ini dirancang dengan konsep ramah lingkungan, menggunakan sistem pengelolaan limbah yang canggih dan tenaga listrik yang bersumber dari energi biomassa terbarukan.

2. Peningkatan Kapasitas Produksi

Dengan tambahan fasilitas ini, Epson mampu meningkatkan kapasitas produksinya hingga 30 persen, memastikan pasokan produk berkualitas tinggi kepada konsumen di seluruh Asia Tenggara.

3. Penciptaan Lapangan Kerja

Pabrik baru ini akan membuka lebih dari 1.000 lapangan kerja baru, memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian lokal.

Presiden Direktur PT Indonesia Epson Industry Emile Pattiwael mengatakan peresmian pabrik ini adalah bagian dari komitmen Epson untuk terus berinovasi dan memberikan produk terbaik bagi para pelanggannya.

"Kami percaya dengan adanya pabrik terbaru ini akan menjadi pusat produksi yang unggul dan berkelanjutan, mendukung pertumbuhan bisnis di kawasan kami," ujarnta.

Menurut Emile Pattiwael, dengan diresmikannya pabrik proyektor di Cikarang ini dapat melengkapi portfolio produk dan pabrik Epson di Indonesia, yakni bagi PT Indonesia Epson Industry dan PT Epson Batam
yang sebelumnya telah memproduksi printer, scanner, dan tinta kini ditambah dengan proyektor yang dirancang dan di produksi di Indonesia yang merupakan karya anak bangsa. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler