Momen Kekompakan Andika Perkasa dan KSAL Saat Latihan Tempur

Rabu, 02 November 2022 – 21:53 WIB
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bersama KSAL Laksamana Yudo Margono saat latihan tempur bersama. Dok YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa.

jpnn.com, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa ikut langsung dalam latihan puncak Super Garuda Shield (SGS) 2022 Matra laut dalam serbuan Amfibi di Puslatpur 9 Marinir Dabosingkep, Kepulauan Riau.

Dalam latihan bersama militer negara lain itu, turut hadir Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono.

BACA JUGA: Letjen Suhartono Sebut Andika Perkasa Punya Jasa Besar bagi Korps Marinir

Keduanya pun tampak sangat kompak saat memimpin latihan tempur yang dibagikan di kanal YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa, Rabu (2/11).

Seluruh prajurit tampak bersemangat melakukan latihan gabungan tersebut. Terlihat kekompakan di antara prajurit kedua negara yang berpartisipasi dalam puncak SGS ke-16 tahun 2022 di Dabosingkep.

BACA JUGA: Jenderal Andika di Penghujung Masa Jabatan, Golkar Serukan Perpanjangan

Dengan semangat yang menggebu-gebu, akhirnya sasaran dapat direbut oleh pasukan intai Amfibi.

Setelah perebutan sasaran berhasil dituntaskan oleh prajurit AL dibantu MEU 31st Platoon Recon Marines, Jenderal Andika segera menghampiri dan berkomunikasi langsung kepada seluruh peserta latihan. "Pelajaran baru ya," kata Andika.

BACA JUGA: Anak Buah Jenderal Andika Ini Jadi Lulusan Terbaik di Akademi Militer Jepang

Mantan KSAD itu mengingatkan kepada seluruh prajurit bahwa tujuan dari latihan ini untuk mempererat tali pertemanan di antara kedua negara.

"Tujuan latihan adalah pertemanan. Tidak ada yang lain," ujar Andika Perkasa.

Pada kesempatan itu, dia menyinggung soal perbedaan alutsista yang dimiliki setiap negara.

"Singapura, Australia, Jepang, dan Indonesia beda-beda. Kemudian jumlah dan misalnya alutsista ini ternyata ada kelebihan dan kekurangan. Namun, itu bukan satu alasan. Yang lebih penting bagaimana dengan alutsista yang beda dan level beda, tetapi bisa kerja sama," kata Andika.

Dalam latihan puncak SGS tersebut, Jenderal Andika ikut bergabung bersama prajurit untuk melaksanakan operasi serangan terakhir. Mantan Danpaspampres itu turut menembaki sasaran, sembari dijaga ketat prajurit.

Setelah pelaksanaan serangan latihan puncak, KSAL memberikan penghargaan kepada Panglima sebagai warga kehormatan Marinir.

Super Garuda Shield 2022 merupakan latihan bersama tahunan antara TNI dan Komando Indo-Pasifik AS (INDOPACOM), yang dirancang untuk memperkuat interoperabilitas, kemampuan, rasa saling percaya, dan kerja sama. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jenderal Andika Mengajak Militer Thailand Ikut Super Garuda Shield 2023


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler