Momentum Kepastian Wakil Afrika

Sabtu, 19 Juni 2010 – 04:17 WIB
GEMBIRA - Tiga pemain Ghana (kiri ke kanan), Samuel Inkoom, Kwadwo Asamoah, serta Asamoah Gyan, bergembira merayakan kemenangan mereka di lapangan, usai melawan Serbia, 13 Juni lalu. Foto: Ezra Shaw/Getty Images/FIFA.com.
RUSTENBURG - Ghana punya kans besar untuk menyamai prestasi dunia 2006Yaitu lolos ke babak 16 besar

BACA JUGA: Cape Town Kebanjiran WAGs

Itu jika malam ini (siaran langung RCTI pukul 21.00 WIB), skuad Black Stars, sebutan timnas Ghana, berhasil mengalahkan Australia
Saat ini Ghana mengantongi poin tiga, setelah di pertama Minggu (13/6) lalu mengalahkan Serbia dengan skor tipis 1-0.

Kans Ghana untuk kembali menang di partai kedua terbuka lebar

BACA JUGA: Aljazair Tahan Inggris Tanpa Gol

Selain akan mendapat dukungan dari publik Afrika, lawan yang akan dihadapi juga tengah dalam kondisi tidak stabil
Itu setelah di partai pertamanya Australia tampil buruk dan dihajar Jerman empat gol tanpa balas.

Malam nanti, Australia dipastikan tidak bisa memainkan salah satu pemain terbaiknya, Tim Cahill, yang mendapat kartu merah saat melawat Jerman

BACA JUGA: Tantangan Lorenzo Tanpa Rossi

Socceroos - sebutan timnas Australia - juga kehilangan gelandang bertahan asal klub Blackburn Rovers, Vince Grella, yang mengalami cedera lutut saat latihan.

Sebaliknya, Ghana mendapat suntikan tenaga baru dengan pulihnya gelandang Sulley Muntari dari cederaJika momentum ini bisa dimaksimalkan, Ghana tidak akan kesulitan untuk menyamai pretasi mereka di keikutsertaan pertama di Piala Dunia empat tahun lalu.

Meski di atas angin, kapten Ghana John Mensah menyatakan bukan pekerjaan mudah untuk menundukkan Australia yang di Piala Dunia 2006 juga lolos ke babak 16 besarMensah menyatakan Australia pasti akan bangkit untuk meraih kemenangan agar peluang lolos ke fase knock out terjaga.

"Kami sudah memulai turnamen ini dengan baikKami bisa mengalahkan tim tangguh Serbia di partai pertamaSekarang kami total fokus kepada Australia," kata Mensah, seperti dilansir situs FIFA.

:TERKAIT "Saya tidak melihat keseluruhan jalannya pertandingan antara Australia melawan JermanHanya sebagian sajaJerman mendapatkan banyak peluangTapi saya kira Australia tidak akan main dengan gaya sama saat melawan kamiPasti akan berbeda," sambung veteran Piala Dunia 2006 ini.

Sementara itu, gelandang Ghana Ibrahim Ayew, mengatakan bahwa timnya harus mencontoh gaya bermain Jerman, jika ingin menundukkan Australia"Australia harus tahu kami akan menyerang dan terus menyerangKami akan tampil all outKami akan mendominasi mereka," cetus Ayew, seperti dilansir Associated Press.

Sementara itu, bek kiri Australia Scott Chipperfield menyatakan tak sabar ingin segera melakoni partai kedua"Ghana adalah tim kuat, tidak bisa diprediksi dan mereka punya kecepatanTentu saja mereka percaya diri karena bisa mengalahkan SerbiaTapi bisa saja kami juga melakukannya," kata Chipperfield.

"Melawan Ghana, kami harus mengontrol bola lebih baik dibanding saat melawan JermanItu hal penting yang harus kami lakukan untuk menjadi lebih baik," sambungnya.

Wakil kapten Craig Moore mengatakan bahwa timnya harus bangkit dan bermain seperti di babak kualifikasi"Tim harus lebih terorganisirItu kunci keberhasilan kami saat menjalani babak kualifikasiJika kita bisa melakukannya, kami punya pemain berkualitas yang bisa merepotkan lawan dan mencetak gol," kata Moore(ali)

Perkiraan Pemain

Ghana (4-5-1): 22-Richard Kingson, 4-John Pantsil, 5-John Mensah, 15-Isaac Vorsah, 2-Hans Sarpei, 12-Prince Tagoe, 6-Anthony Annan, 21-Kwadwo Asamoah, 23- Kevin-Prince Boateng, 13-Andre Ayew, 3-Asamoah Gyan
Pelatih: Milovan Rajevac

Australia (4-5-1): 1-Mark Schwarzer, 8-Luke Wilkshire, 2-Lucas Neill, 3-Craig Moore, 11-Scott Chipperfield, 7-Brett Emerton, 16-Carl Valeri, 10-Harry Kewell, 5-Jason Culina, 23-Mark Bresciano, 9-Josh Kennedy
Pelatih: Pim Verbeek

Stadion: Royal Bafokeng Stadium, Rustenburg
Wasit: Roberto Rosetti (Italia)

Di atas kertas
Kedua tim sudah enam kali bertemuHasilnya Auatralua menang empat kali dan Ghana hanya menang sekaliSatu pertandingan berakhir seriTapi saat ini Ghana punya momentum bagus setelah di partai pertama Piala Dunia 2010 menang 1-0 atas Serbia dan Australia dihajar Jerman 4-0.

Bursa Asian Handicap
0 : 1/2

Hasil lima laga terakhir
Ghana
13/06/10 v Serbia (away)                              0-1
05/06/10 v Latvia (home)                              1-0
01/06/10 v Belanda (away)                           4-1
03/03/10 v Bosnia-Herzegovina (away)     2-1
31/01/10 v Mesir (home)                               0-1
Australia
13/06/10 v Jerman (away)                            4-0
05/06/10 v AS (away)                                     3-1
01-06-10 v Denmark (away)                        0-1
24/05/10 v Selandia Baru (home)              2-1
10/10/09 v Belanda (home)                         0-0

BACA ARTIKEL LAINNYA... Minum Teh Bareng Tutu


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler