Motor Ducati Butuh Waktu, Rossi Anggap Tepat

Kamis, 30 Juni 2011 – 06:16 WIB
ASSEN - Keberanian Ducati menggunakan sasis mesin baru di MotoGP Belanda (25/6) belum membuahkan hasil signifikanValentino Rossi hanya menempati posisi keempat

BACA JUGA: Persebaya Latihan untuk Uji Coba

Itu artinya Ducati belum menjadi kompetitor utama bagi Honda atau Yamaha.

Di balapan yang berlangsung di Sirkuit Assen itu, Ducati membuat sebuah perubahan dengan memakai Ducati GP11.1 yang menggabungkan mesin 800cc dengan sasis motor 2012
Langkah tersebut sebagai jalan keluar untuk mengatasi performa buruk Ducati sepanjang musim 2011

BACA JUGA: Lima Klub Penuhi Banderol Neymar

Rossi yakin, performa Ducati GP11.1 memiliki lebih banyak potensi dibandingkan dengan sebelumnya.

Rossi menegaskan, keputusan untuk beralih ke Ducati GP11.1, merupakan hal yang tepat
Meski sepanjang akhir pekan dirinya kesulitan dan terpaut 30 detik saat finis di belakang pembalap Yamaha, Ben Spies, Rossi menganggap GP11.1 sebagai sebuah solusi

BACA JUGA: Almeyda Tangani River Plate

Pada balapan seri ketujuh di Sirkuit Assen tersebut, Rossi menempati peringkat keempat.

"Itu adalah keputusan yang baik, yang harus kami lakukan: saat itu kami tidak memiliki banyak margin perbaikan dengan GP11.1," ujar Rossi kepada Motosprint.

"Motor baru ini mengalami sebuah langkah majuMisalnya, bagian belakang lebih stabil, dan girboks baru lebih menguntungkanKami bisa mengatakan bahwa hal klasik dari Ducati yaitu ban belakangnya sering tergelincir ketika meningkatkan kecepatan, sudah berlalu," lanjutnya.

Meski begitu,  pembalap yang memiliki julukan The Doctor itu mengakui dirinya dan tim masih menghadapi tantangan besar untuk kembali ke jalur kemenanganMereka perlu pendekatan yang lebih efektif dan efisien selama balapan akhir pekan.

"Kami belum paham bagaimana melakukan setting motor ini secara persis, dan saya belum sepenuhnya memahami bagaimana mengendalikannyaBiasanya, hal tersebut selalu menghabiskan waktu yang panjang untuk menemukan solusi terbaik," bebernya.

Akibatnya memang menyulitkan Ducati di AssenDengan motor baru, adaptasi pun harus dilakukan"Kami terlalu lama menemukan setting yang tepat saat lombaKami perlu menemukan cara membuat motor lebih nyaman untuk dikendarai pada hari kedua latihan, agar dapat mengaturnya untuk lomba.

Rossi juga tetap yakin dengan keputusan untuk membawa timnya sendiri, yang dipimpin Jeremy Burgess, ke DucatiTapi, dia mengakui bahwa transisi masih terjadi sedikit masalah.

"Ketika dulu anda terbiasa menang dan Anda sendiri menemukan kesulitan, anda memiliki dua kemungkinan: apakah Anda bekerja untuk kembali ke jalur kemenangan, atau anda kehilangan semangat dan menyerahSaya sudah memilih solusi yang dulu, dan saya sangat berharap itulah yang akan dilakukan juga oleh tim saya," katanya.

Sementara, balapan MotoGP selanjutnya yang berlangsung di Mugello, Italia, akhir pekan ini masih belum akan diikuti seluruh pembalap regulerGiliran Loris Capirossi yang terpaksa absenPembalap yang memperkuat Pramac Ducati itu mengalami cedera serius ketika terjatuh di kualifikasi MotoGP BelandaDia mengalami cedera pada pinggul dan bahu kanannya(ady/diq)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Boas Batalkan Laga Perdana Pramusim


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler