Muda Mahendrawan: PNS dan PPPK Harus Bekerja Konkret, Bukan di Awang-awang

Selasa, 06 Desember 2022 – 11:45 WIB
Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, usai mengambil sumpah/janji jabatan 344 PNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, di Halaman Kantor Bupati Kubu Raya. ANTARA/Rendra Oxtora

jpnn.com - PONTIANAK - Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat, Muda Mahendrawan mengatakan pegawai negeri sipil atau PNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja alias PPPK tidak perlu mempersoalkan perbedaan status di antara keduanya. 

Menurut Bang Muda, panggilan akrab Muda Mahendrawan, yang dilihat masyarakat adalah integritas, bukan sekadar status formal.

BACA JUGA: ASN dan Honorer Manokwari Galang Dana untuk Membantu Korban Gempa Cianjur

"Yang dilihat adalah apa yang dipikirkan dan diinisiasikan, apa yang menjadi kinerja dan yang bisa diperjuangkan untuk kebahagiaan masyarakat luas," kata Bang Muda seusai mengambil sumpah/janji jabatan 344 PNS dan PPPK di Halaman Kantor Bupati Kubu Raya, Selasa (6/12).

Pria kelahiran 17 Agustus 1970 itu menambahkan yang terpenting ialah PNS dan PPPK harus fokus melaksanakan tanggung jawab dan bukan sekadar memenuhi tugas.

BACA JUGA: Guru Madrasah Butuh Status PPPK, Pak Azwar Anas, Jangan Lupakan Itu!

"Harkat dan martabat ditentukan seberapa besar pikiran dan langkah nyata kita mengangkat harkat dan martabat orang banyak. Jika itu kita lakukan, dengan sendirinya harkat dan martabat akan kita dapatkan," katanya kepada PNS dan PPPK.

Muda menegaskan tanggung jawab harus dilaksanakan secara masif. Caranya, dengan berupaya mengubah pola pikir masyarakat ke arah yang lebih baik. PNS dan PPPK juga harus bekerja konkret.

BACA JUGA: Gaji PPPK, Daerah Ini Mengalokasikan Rp 29 Miliar

"Bukan di awang-awang. Jangan banyak ide tetapi tidak dikonkretkan. Bekerjalah mendarat, artinya manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat," kata Muda.

Dia menegaskan bekerja harus terukur. Tidak hanya itu, kata dia, bekerja juga harus berdampak dengan membuat masyarakat jadi lebih berinisiatif.

Bupati berpesan supaya para aparatur sipil negara (ASN) yang baru dilantik itu tidak cengeng dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab.

Menurutnya, karena sudah memilih jalur untuk menjadi pegawai negeri yang akan melayani masyarakat, maka ASN harus siap berjuang dan menjalankan tugas serta kewajibannya secara maksimal.

"Pegawai Pemerintah Kabupaten Kubu Raya harus siap berjuang dan tidak cengeng," ungkapnya.

Terakhir, dia berpesan kepada PNS dan PPPK agar harus selalu bersikap sederhana.

"Tetaplah rendah hati tapi tinggikan kualitas jati diri," pungkas Muda Mahendrawan. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler