Mudik Lebaran 2022: Harus Jaga Stamina, Manfaatkan Aplikasi Kesehatan

Kamis, 21 April 2022 – 06:58 WIB
Pemudik bisa memanfaatkan aplikasi kesehatan. Foto: dok.SehatQ

jpnn.com, JAKARTA - Mudik merupakan momentum tahunan yang dinantikan umat muslim di Indonesia. Merayakan Hari Raya Idulfitri setelah menjalankan puasa selama satu bulan terasa hambar jika tidak berada di kampung halaman bersama keluarga besar.

Diperkirakan awal pekan depan arus kendaraan para pemudik sudah mulai padat. Pemerintah memperkirakan jumlah pemudik tahun ini mencapai 85,5 juta orang.

BACA JUGA: SehatQ Siap Luncurkan 2 Layanan Kesehatan Baru, Karyawan Pasti Suka

"Bayangkan mudik kali ini naik 40 persen dibandingkan 2019,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Memang pemerintah sudah mengantisipasi agar tidak terjadi kemacaten parah ada arus mudik Lebaran 2022.

BACA JUGA: 3 Tips Aman Mudik Mengendarai Mobil Pribadi, Nomor 2 Silakan Baca

Disiapkan berbagai rekayasa lalu lintas seperti aturan ganjil genap, one way, contra flow, dan truk berporos tiga dilarang melintas di jalan tol dan arteri di masa mudik.

Menhub Budi mengimbau masyarakat untuk mudik lebih awal dan mematuhi aturan rekayasa lalu lintas yang sudah disiapkan pemerintah.

BACA JUGA: Istri Petugas Dishub Makassar Takjub Melihat Kondisi Jenazah Suaminya

Dia memprediksi apabila tidak ada kesadaran masyarakat untuk tidak bersama-sama mudik pada 29 dan 30 April 2022, maka akan terjadi kemacetan.

"Jadi jangan harap bisa ke Semarang itu 6 sampai 7 jam, bisa dua kali lipatnya," kata Budi.

Karena itu, sebelum melakukan perjalanan mudik, Anda harus menyiapkan stamina tubuh untuk mengantisipasi kemacetan parah.

Menjaga kesehatan agar tetap bugar selama dan sesudah perjalanan menjadi sangat penting.

Kepala Sudinhub Kota Jakarta Pusat M. Wildan Anwar mengimbau pemudik menyiapkan vitamin dan obat-obatan.

“Hal ini cukup penting untuk menjaga kenyamanan saat mudik nanti. Apalagi membeli obat-obatan kini mudah sekali, masyarakat bisa membelinya di aplikasi kesehatan,” kata Wildan Anwar.

Aplikasi kesehatan juga bisa dimanfaatkan para pemudik untuk memeriksa kondisi kesehatan saat diperlukan.

Pemudik yang mengalami gangguan kesehatan ringan dapat mengakses aplikasi kesehatan untuk berkonsultasi secara online dengan dokter dari mana saja.

Salah satu aplikasi kesehatan yang bisa dimanfaatkan pemudik adalah SehatQ, startup penyedia layanan kesehatan digital yang berdiri pada November 2018.

SehatQ menyediakan layanan chat dokter, booking dokter, booking layanan kesehatan, toko vitamin dan obat online, dan menyajikan beragam informasi seputar kesehatan, obat-obatan, hingga fasilitas Kesehatan dan dokter.

Melalui situs atau aplikasi SehatQ, pemudik bisa membeli vitamin dan obat–obatan yang diperlukan di halaman toko.sehatq.com.

Chief Commercial Officer SehatQ Andrew Sulistya mengatakan SehatQ siap memberikan fasilitas kesehatan terbaik bagi masyarakat yang hendak melakukan aktivitas mudik Lebaran 2022.

“Dengan layanan kesehatan yang dihadirkan SehatQ, kami harap aktivitas mudik tahun ini berjalan lancar dan nyaman,” ujar Andrew Sulistya. (esy/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur : Soetomo Samsu
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler