Mulai Bising dengan Vuvuzela

Pawai Suporter Bafana-Bafana Jelang Kick Off

Kamis, 10 Juni 2010 – 09:29 WIB
MASSA - Kerumunan massa di depan Southern Sun Hotel, Jalan Rivonia, Johannesburg, tempat para pemain sepakbolanya menginap. Foto: Yuyung Abdi/Jawa Pos.

JOHANNESBURG - Besok, gong perhelatan Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan (Afsel) mulai ditabuhMenjelang semakin dekatnya kick off (pertandingan pertama), suasana di sudut-sudut kota Johannesburg, terlihat semakin semarak

BACA JUGA: Gol Torres Bikin Lega

Rabu siang (9/6) sekitar pukul 12.00 bahkan digelar pawai dari para suporter.

Sebenarnya, siang itu yang menggelar pawai adalah para suporter Bafana-bafana (sebutan untuk kesebelasan Afsel)
Namun, para suporter dari kontestan negara lain ikut juga dalam pawai tersebut, meski jumlahnya tidak banyak

BACA JUGA: William Gallas Ngambek

Misalnya, Jawa Pos sempat menjumpai gerombolan suporter Meksiko, Belanda, serta Aljazair.

Sejak pagi atau sekitar pukul 10 pagi waktu setempat, para suporter sudah mulai memadati sudut-sudut kota
Yang paling sering terlihat adalah para suporter Bafana-Bafana bafana

BACA JUGA: Menikmati Kemacetan di Mandela Bridge

Misalnya di perempatan Sandton, tepatnya di kawasan perkantoran dan hiburan Village WalkMereka bergerombol membuat beberapa grupMasing-masing grup bersaing untuk menampilkan atraksi menarikAda yang berjoget ala Afrika, bergoyang dengan menggerak-gerakkan pinggul, bersamaan dengan kedua tangannyaAda juga yang berbaris rapi, sambil meniup vuvuzela secara teratur, mengikuti irama yang ditentukan.

Bunyi bising "tret.tret.tret!" dari vuvuzela (terompet khas di Afsel) sudah mulai terdengar sejak pukul 10 pagi ituAda yang membunyikan vuvuzela secara bergerombol, ada juga yang membunyikannya sendiri-sendiriIni khusus bagi mereka yang berkendaraan pribadiKetika berhenti di lampu lalu-lintas, mereka menyempatkan untuk meniup vuvuzela yang disiapkan di mobil.

Ada pula beberapa kumpulan suporter yang berjalan beriringan seperti tengah lomba gerak jalanMereka mengibas-ngibaskan bendera seolah ingin menguasai seluruh jalanItu membuat kendaraan di depannya menepi.

Geliat para suporter yang akan bersiap-siap pawai juga terlihat di Innesfree Park, GraystonDi sini, sudah disiapkan beberapa tenda berwarna putih, sekaligus layar raksasa berukuran dua kali besarnya layar di bioskop-bioskop di Indonesia untuk acara nonton bareng.

"Kami diizinkan bos kami untuk ikut pawai," kata Damian Hornsby (37), suporter Bafana bafana yang bekerja di sebuah perusahaan konstruksiSejak pukul 11.00, Damian sudah bergerombol bersama teman-temannya sesama pendukung Bafana bafana, lengkap dengan kostum kuning dan hijau sebagaimana warna kebanggaan mereka.

Mobil-mobil yang didandani bernuansa bola, juga berkeliaran di sudut-sudut kota Johannesburg sejak pukul 10.00Ada yang di bagian atapnya dihiasi dengan bola, ada juga yang warna cat mobilnya dibikin seperti warna bendera AfselMereka ramai-ramai ikut pawai siang itu.

Start pawai dimulai dari Hotel Southern Sun Grayston di Rivonia Road, SandtonHotel itulah yang akan menjadi markas utama bagi para pendukung tim Bafana-BafanaPawai tersebut sengaja dibikin untuk memberikan semangat kepada Bafana-Bafana yang akan bertanding melawan Meksiko, Jumat (11/6) nanti.

"Bafana Bafana pasti akan menang dan membikin bangga selusuh warga AfselMereka pasti bisa meraih kemenanganApalagi, ketika melakukan uji coba dengan Denmark akhir pekan lalu (5/6), Bafana-Bafana menang 1-0," kata Mary Kompi, seorang pramuniaga telepon seluler (ponsel) di Sandton City Mall(kum/dns)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Portugal Kehilangan Nani


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler