Musdah Mulia dan Eka Budianta Raih Penghargaan Satupena Awards 2022

Rabu, 07 Desember 2022 – 03:29 WIB
Satupena memberikan penghargaan kepada dua penulis Indonesia yang dianggap berdedikasi. Mereka yakni Musdah Mulia dan Eka Budianta. Foto dok Satupena

jpnn.com, JAKARTA - Satupena memberikan penghargaan kepada dua penulis Indonesia yang dianggap berdedikasi. Mereka yakni Musdah Mulia untuk kategori non-fiksi dan Eka Budianta untuk kategori fiksi.

Ketua Umum Satupena Denny JA menjelaskan, tradisi memberikan penghargaan kepada para penulis berdedikasi merupakan bagian dari gerakan literasi, menghidupkan Indonesia juga sebagai negara budaya.

BACA JUGA: Lengkapi Platform Digital, BTN Hadirkan Konsep Metaverse

Penetapan penulis berdedikasi dilakukan melalui proses seleksi, penilaian serta penjurian berjenjang selama tiga bulan oleh dewan juri yang terdiri dari para penulis dan pengurus Satupena dari Aceh hingga Papua.

Musdah Mulia dipilih karena dedikasinya sebagai penulis buku yang mencerahkan untuk tema emansipasi wanita, dengan perspektif tafsir agama secara modern.

BACA JUGA: Begini Kesiapan PT Pos Indonesia Jelang Libur Nataru

Musdah aktif  juga di berbagai organisasi perempuan, dan juga organisasi profesi, seperti Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) dan Women Shura Council (Majelis Perempuan Ulama berpusat di New York).

Dia bersama K.H Abdurrahman Wahid, Djohan Effendi dan sejumlah pemuka agama lainnya juga mendirikan ICRP (Indonesian Conference on Religions for Peace).

BACA JUGA: Jadi Mentor Kreator Indonesia Berkarya, Ganjar: Orang Kreatif Akan Selalu Survive

Atas dedikasinya, Musdah kerap meraih sejumlah penghargaan nasional dan internasional.

Sementara itu, Eka Budianta karena dedikasinya di dunia sastra.

Dia dianggap oleh para juri sangat paripurna dan menguasai teori kesastraan secara mendalam.

Selain dikenal sebagai seorang penulis senior yang banyak menghasilkan karya sastra, utamanya puisi dan prosa, dia juga berperan serta menumbuhkan penyair serta penulis muda melalui Yayasan Pustaka Sastra yang dia dirikan bersama F. Rahardi.

Aktif menulis cerpen dan puisi sejak di bangku SMA, hingga saat ini, dia telah menulis lebih dari 40 buku, baik kumpulan puisi maupun cerpen.

Eka juga mendedikasikan hidupnya untuk dunia kepenulisan.

Para penerima penghargaan tersebut akan mendapatkan hadiah berupa sertifikat dan uang tunai masing-masing senilai Rp 35 juta, yang akan diserahkan dalam acara Satupena Awards 2022, yang akan digelar dalam waktu dekat.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler