Nama-nama Perusahaan Pembakar Lahan dan Hutan sudah di Tangan Jokowi

Senin, 28 September 2015 – 13:57 WIB
Joko Widodo. Foto: facebook

jpnn.com - JAKARTA - Kebakaran hutan di wilayah Kalimantan dan Sumatera masih terus terjadi hingga saat ini. Menurut Kepala Staf Presiden Teten Masduki, Presiden Joko Widodo sudah menginstruksikan agar perusahaan-perusahaan di wilayah tersebut ditindak secara hukum.

"Presiden juga sudah menegaskan 3 hal yang harus dipastikan yakni proses hukum terhadap para pembakar hutan termasuk tindakan administratif, pencabutan izin usaha dan pencegahan," ujar Teten di kompleks Istana Negara, Jakarta, Senin (28/9).

BACA JUGA: Ogah Praperadilan, Komisioner KY Minta Gelar Perkara

Teten mengatakan, tidak akan ada yang lolos dari jeratan hukum dan sanksi, karena Menteri KLH Siti Nurbaya sudah menyerahkan nama-nama perusahaan tersebut pada Jokowi, sapaan Joko Widodo. Namun, Teten tidak merinci daftar perusahaan tersebut. 

Selain itu, imbuhnya, presiden memantau dari hasil satelit, tempat-tempat sekitar perusahaan yang melakukan pembakaran sehingga tidak ada yang bisa mengelak untuk ditindak secara hukum.

BACA JUGA: Sudah 26 Saksi Digarap, Belum Ada Tersangka Baru

"Nama-nama sudah ada pada presiden. Saya kira sebagian nama itu sudah ke tangan ke polisi juga," imbuh Teten.

Teten mengatakan, presiden terus memantau perkembangan pemadaman titik api dan asap. Sementara Kemenkes, kata dia, sudah diberi instruksi agar sigap menyiapkan masker untuk warga dan melayani masyarakat yang terkena dampak asap. (flo/jpnn)

BACA JUGA: Pembantai Beruang Madu Berkilah, Kapolda: Rasanya Janggal Kalau Bukan Mereka...

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Penyebab Program Desa Ngadat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler