Nasabah Bank Century Curhat ke Fraksi Golkar

Kamis, 21 Januari 2010 – 17:39 WIB
JAKARTA - Para nasabah Bank Century yang simpanan depositonya kini tak jelas, terus berusaha menggalang dukungan agar uang yang didepostiokan bisa ditarikDidampingi pengacara kondang OC Kaligis, para nasabah Bank Century mengadu ke Fraksi Partai Golkar di DPR agar ada dukungan politik sehingga uang bisa segera dicairkan.

Sekitar 15 nasabah Bank Century di Jakarta yang dipimpin Ester Nurhayati, diterima Ketua FPG Setya Novanto di ruang Fraksi Golkar, Kamis (21/1)

BACA JUGA: Besok, Polemik Panwas Pilkada Diputuskan

Turut mendampingi Setya Novanto antara lain sekretaris FPG Ade Komaruddin, anggota Komisi III DPR dari Golkar Azis Syamsuddin dan Bambang Soesatyo, serta anggota Komisi Keuangan dan Perbankan dari Golkar, Melchias Markus Mekeng.

Dihadapan FPG, Ester menceritakan soal nasib simpanannya di Bank Century cabang Kelapa Gading, Jakarta Utara yang tak bisa ditarik
"Saya punya simpanan Rp 700 juta, hasil keringat saya dselama 27 tahun

BACA JUGA: Pemda Gagap Siapkan Dana Pilkada

Tapi saya tak pernah bisa menarik uang itu
Katanya uangnya sudah nggak ada," ujar Ester sembari menunjukkan buku tabungannya.

Dengan mata berkaca-kaca, Ester menuturkan bahwa dirinya terus diping-pong oleh pihak bank ketika menanyakan kemana aliran uang miliknya

BACA JUGA: Banyak Pilkada 2010 Terganjal Anggaran

"Saya minta print out, tapi print out itu tidak diakui oleh bankSampai saya pernah mau gampar kepala Cabang Bank Century Kepala Gading," tandasnya.

Beserta nasabah-nasabah Bank Century yang senasib, Ester pernah menanyakan maslaah itu ke pihak lain seperti Bank Indonesia, Bappepam, dan bahkan ke Mabes Polri"Tetapi setelah dijalani semua, hasilnya tidak ada," tandasnya.

Malah saat mengadu ke BI, lanjutnya, para nasabah seolah diterlantarkan, "Menunggu berjam-jam, hanya ditemui oleh Bagian Humas dan Pangawas BankYang menyedihkan, mereka bilang uang tidak bisa diambil karena ada human errorAlasan apalagi ini?" lanjutnya.

Sedangkan OC Kaligis yang mendampingi Ester dan nasabah-nasabah Bank Century lainnya menuturkan, saat ini muncul kekhawatiran bahwa uang para nasabah itu tidak akan balik lagiApalagi, jika ternyata aset Robert Tantular tidak sampai Rp 6,7 triliun

"Pihak luar negeri selalu menanyakan keputusan pengadilannya (untuk pembekuan aset)Tapi bagaimana kalau keputusan pengadilan sebagai dasar pembekuan aset Robert Tantular di luar negeri hanya menetapkan sebesar Rp 100 miliar? Maka jumlah aset yang dibekukan ya hanya sebesar ituSehingga begitu keluar dari penjara, Robert bisa menikmati sisa kekayaan yang jumlahnya sangat besarIni harus terus dipantau agar putusan pengadilan kasus Century ini jangan sampai di bawah Rp 6,7 triliun," cetusnya.

Karenanya OC Kaligis meminta Golkar bisa ikut memperhatikan nasib para nasabah Bank Century yang jadi korban"Saya mohon pimpinan Fraksi Golkar mau menolong para nasabah Bank CenturyPerjuangkan agar uang mereka bisa cair sehingga tidak ada lagi yang stress, gila dan meninggal duniaKasihan mereka,"  kata OC Kaligis.

Menanggapi permintaan tersebut, Ketua Fraksi Golkar Setya Novanto menjanjikan akan memperjuangkan nasib para nasabah di antaranya lewat Panitia Khusus (Pansus) Angket Bank Century"Fraksi Partai Golkar akan mendesak Pansus Century agar dalam keputusannya nanti, dana para nasabah Bank Century dapat dicairkan," cetus Novanto.

Sedangkan Sekretaris Fraksi Partai Golkar, Ade Komaruddin menambahkan, anggota fraksi Golkar di Komisi Keuangan dan Perbankan akan berupaya agar BI bisa menolong para nasabah yang jadi korban"Kita akan minta teman-teman di Komisi XI DPR untuk mendesak BI menolong nasabah Century," tandasnya.(ara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tak Mampu Tembus Ekspor


Redaktur : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler