Nasim Khan Berharap Garuda Indonesia Terbang Lebih Tinggi

Senin, 20 Juni 2022 – 00:07 WIB
Ilustrasi - Pesawat Garuda Indonesia. Foto: Soetomo Samsu/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PKB Nasim Khan menanggapi langkah terobosan Menteri BUMN Erick Thohir dalam menyelamatan nasib Garuda Indonesia.

Salah satunya adalah pemungutan suara dalam proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) yang menunjukkan hasil yang positif.

BACA JUGA: Pengamat: Erick Thohir Selamatkan Garuda Indonesia dari Kepailitan

Menurut Nasim, momentum ini dapat dijadikan sebagai harapan agar Garuda Indonesia secara perlahan dapat terbang lebih tinggi dan menjadi lebih baik lagi ke depan.

“Ke depan angan-angan yang sesungguhnya Garuda Indonesia sudah terbang internasional lebih tinggi akan lebih baik,” ujar Nasim, Minggu (19/6/2022).

BACA JUGA: Partai Garuda Minta Buruh Jangan Mau Dipolitisasi

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir bersyukur pemungutan suara dalam proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) menunjukkan hasil yang positif.

“Ke depan Garuda Indonesia dapat melakukan langkah-langkah strategis yang akan menjadikan Garuda sebagai entitas bisnis yang lebih agile, adaptif, dan berdaya saing,” ujar Erick.

BACA JUGA: Puan: DPR Sedang Perjuangkan RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak

Kebangsaan Bangsa

Nasim mengatakan Garuda Indonesia adalah kebanggaan bangsa. Oleh karena itu, baik pemerintah maupun DPR bersama-sama mengawal dan mempertahankan keberadaan maskapai penerbangan tersebut. 

“Kita harus kawal perjuangkan apa pun yang terjadi tinggal kita benahi maksimal baik sistem manajemen sinergi secara profesional dan benar.” Ulasnya.

Menurut Nasim, dukungan penuh dari Komisi VI untuk penyelamatan Garuda telah dilakukan dengan membentuk Panitia Kerja (Panja) Penyelamatan Garuda.

Namun, hal itu akan percuma jika itu tidak dibenahi dalam internal manajemen Garuda.

“Manajement Garuda Indonesia juga harus evaluasi ulang baik dengan lessor masalah sistem kontrak nilai, jangan sampai memberatkan juga. Semua harus profesional sama-sama profit, apalagi Garuda Indonesia adalah BUMN,” tutur Nasim.

Nasim berharap Sumber Daya Manusia (SDM) Garuda Berakhlak sebagaimana core value BUMN yang terus dicanangkan oleh Erick Thohir dalam melakukan transformasi di internal BUMN.

“Ke depan Garuda Indonesia kita harapkan pasti lebih baik, juga SDM yang berakhlak benar.” Bebernya.

“Saya salut lihat Pak Dirut Irfan dalam kondisi Garuda Indonesia seperti ini dia berani juga siap dalam penyelamatan, otomatis harus didukung semua pihak baik pemerintah, kementerian dan legeslatif khususnya komisi VI,” imbuhnya.

Senada dengan Nasim Khan, Anggota Komisi VI DPR RI Achmad Baidowi dari Partai PPP mengatakan Garuda Indonesia yang merupakan national flag carrier atau maskapai kebanggaan nasional itu harus dipertahankan dengan melakukan transformasi serta mengedepankan tata Kelola yang baik agar tetap terbang tinggi di langit nusantara.

“Garuda ini sebagai flag carrier atau nasional flag carrier itu memang harus dipertahankan sebagai sebuah kebanggan,” ucap Baidowi.

Baidowi menambahkan momentum ini harus dimanfaatkan sebagai upaya pembenahan Garuda Indonesia ke depan secara serius. Salah satunya seperti rute penerbangan Garuda yang dinilai tidak menjadi beban.

Garuda kata Baidowi harus memangkas rute penerbangan yang merugikan dan fokus kepada rute yang menguntungkan bagi maskapai.

“Namun demikian transformasi bisnis ke depan harus serius, Garuda harus memangkas rute-rute yang selama ini menjadi beban, jadi fokus pada rute-rute yang bisa menghasilkan profit,” Ucapnya.

Selain internal manajemen Garuda harus berbenah diri, memperbaiki tata Kelola yang baik, Baidowi juga mendorong kasus tindak pidana korupsi yang dilakukan manajemen Garuda sebelumnya harus diselesaikan, Erick Thohir perlu mengawal kasus tersebut sampai tuntas.

“Dan apa yang terjadi pada manajemen Garuda masa lalu itu harus dibenahi termasuk dugaan-dugaan pelanggaran hukum yakni praktik korupsi yang saat ini sudah disidik oleh Kejaksaan Agung dan juga harus dituntaskan.”

Hal itu dilakukan lanjut Baidowi demi untuk menimbulkan kepercayaan masyarakat dan investor terhadap maskapai plat merah tersebut.

“Sehingga menimbulkan atau melahirkan trust kepada Garuda trust dari masyarakat trust dari investor-investor Garuda,” tuntasnya.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler