Neuer: Kami Tak Sekuat di Perempat Final

Rabu, 27 April 2011 – 13:19 WIB
BAGUS - Alex Ferguson (kanan) menepuk pundak kiper Schalke 04, Manuel Neuer (kiri), usai pertandingan yang dimenangkan Manchester United di Gelsenkirchen, Selasa (26/4) malam. Foto: AFP/Getty Images.
GELSENKIRCHEN - Tim 'underdog' yang di perempat final Liga Champions 2010-2011 baru saja menyingkirkan juara bertahan Inter Milan, Rabu (27/4) dinihari WIB ternyata tak berdaya di hadapan Manchester UnitedBermain di hadapan pendukung sendiri pada leg pertama semifinal LC ini, Schalke justru harus takluk 0-2

BACA JUGA: Adu Tajam Messi-Ronaldo

Masing-masing gol Setan Merah - julukan United - dicetak oleh Ryan Giggs (menit ke-67) dan Wayne Rooney (69).

Bintang Schalke yang bisa disebut sebagai lawannya Giggs (37 tahun) - minimal dalam senioritas - yakni Raul Gonzalez (33), tak bersinar kali ini
Lebih dari itu, permainan Schalke secara tim pun, oleh banyak orang diakui jelek sekali

BACA JUGA: Gresik United Incar Tiga Besar

Seolah kurang motivasi, sekaligus kurang kompak di semua lini
Hal ini diakui sendiri oleh penjaga gawang yang juga kapten Schalke, Manuel Neuer.

"Kami bermain dengan respek (rasa hormat) yang berlebihan di awalnya

BACA JUGA: M Rachman Bakal Dipanggil Gubernur

Kami tentu saja tahu, Manchester adalah tim besar, namun Inter juga (besar)Hari ini kami tidak sekuat ketika di perempat final (saat mengalahkan Inter, Red)Kami tidak cukup solid (kompak)," ujar Neuer yang juga adalah kiper timnas Jerman itu, seperti dikutip LA Times.

Neuer sendiri mungkin adalah satu di antara sedikit nilai positif Schalke di pertandingan ituDan tak tanggung-tanggung, manajer United Sir Alex Ferguson pun tanpa sungkan memuji penampilannya"Selama saya di United, ini barangkali adalah aksi penjagaan gawang terbaik dari lawan-lawan kami (sebelumnya)," puji Fergie - sapaan akrabnya - yang notabene sudah menjadi pelatih United selama seperempat abad.

United memang tampak amat mendominasi pertandingan malam itu, dengan ball possession (penguasaan bola) tercatat 65 persen, berbanding 35 persen di SchalkeTembakan ke arah gawangnya pun dua kali lipat lebih banyak, yakni 10 banding 5Demikian pula dengan sepak pojok, yaitu 6 untuk United dan hanya 3 kali untuk Schalke.

Kendati demikian, sepanjang babak pertama, nyatanya hasil imbang 0-0 masih bertahan - terutama berkat faktor kepiawaian Neuer di gawang SchalkeBarulah pada sekitar pertengahan babak kedua, gol pemecah kebuntuan dari Giggs lahir, memanfaatkan umpan dari RooneySebelum tak lama, Rooney sendiri ikut mencetak skor yang menambah keunggulan United, berkat bantuan rekannya di lini depan, Javier 'Chicharito' Hernandez.

"Pada 15 menit pertama, pertandingan (sebenarnya) berjalan imbangNamun menit-menit berikutnya, kami justru melakukan hal-hal buruk di setiap serangan United; mengambil keputusan yang salah, memberi mereka ruang terlalu luas, mondar-mandir tanpa menyerang, dan lain-lainUntung saja kami punya Neuer, sehingga tak ada satu, dua atau bahkan tiga gol di babak awal," komentar pelatih Schalke, Ralf Rangnick.

Sementara itu Fergie, tak lupa memuji penampilan anak-anak asuhnya"Ini adalah pertandingan bagus, dan semua orang telah berbuat sangat baik malam iniKonsentrasi kami, intensitas permainan, dan kecepatan passing-passing kami, terasa benar-benar sempurna," ujar pelatih kenamaan dunia itu.

Meski demikian, Schalke jelas belum menyerahSetidaknya itu seperti diungkapkan pelatih Rangnick, jelang laga leg kedua, Rabu (4/5) malam pekan depan"Kami tidak akan menyerahMungkin saja United akan merasa terlalu percaya diri bahwa mereka bakal melajuSiapa tahu? Kami dapat bermain di sana (Old Trafford) tanpa tekanan, dan sama sekali tak ada beban," pungkasnya(ito/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dendam Terbayar, Takhta Persipura Tergusur


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler