Nudirman: MA Bisa Berpotensi Operasi Senyap

Sabtu, 27 Juli 2013 – 13:55 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Anggota DPR RI Komisi III Nudirman Munir menyatakan dugaan permainan hukum tertinggi juga terjadi di dalam internal Mahkamah Agung. Hal ini, karena lembaga itu dianggap tidak transparan dan sering memberikan putusan yang justru tidak adil. Ia menyebut di dalam MA bisa berpotensi terjadi operasi senyap.

"Transparansi ini yang enggak ada sehingga MA gedungnya kayak istana para naga-naga. Artinya, masyarakat sulit masuk ke MA. Karena mereka tertutup. Kalau tertutup sama dengan operasi senyap. Apa yang terjadi kalau operasi senyap, ada gerilya, kita bisa tahu sendiri," tutur Nudirman dalam diskusi 'Advokat Juga Manusia' di Jakarta Pusat, Sabtu, (27/7).

BACA JUGA: Praktek Mafia Hukum seperti Gas Berbau

Menurut Nudirman di dalam MA harus dipasangkan CCTV untuk mengawasi gerak-gerik lembaga hukum tertinggi itu. Selain itu, kata dia, dibuka akses masuk bagi masyarakat biasa. Pasalnya, kata Politisi Golkar itu, selama ini MA cenderung menutup diri dari akses masyarakat biasa. Nudirman menyatakan harusnya MA tidak kebal hukum. Jika ada hakim agung bersalah, tuturnya, harus diberikan hukuman maupun sanksi tegas.

"Kalau masyarakat biasa datang pasti diusir. Tapi coba kalau pejabat ke sana, pasti mereka terima dengan senang hati," kata Nudirman.

BACA JUGA: Warga Mampu Diminta Kembalikan BLSM

Ia berharap KPK bisa segera menelusuri kasus yang menjerat pegawai MA DS dan Pengacara Mario C Bernardo agar dapat diketahui keterlibatan pihak lainnya. (flo/jpnn)

BACA JUGA: Pengguna Narkoba bukan Pelaku Kriminal

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sahur Puisi di Hari Puisi Indonesia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler