Nuh Siap Ambil Alih Penyelesaian Konflik UI

Jumat, 25 November 2011 – 21:52 WIB

JAKARTA—Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menegaskan, pihaknya siap mengambil alih penyelesaian masalah di Universitas Indonesia (UI)Hal ini terkait masalah perseteruan internal antara Rektorat dan Majelis Wali Amanat (MWA) tak kunjung selesai hingga akhir Desember 2011 mendatang.

“Jika masalah internal UI ini tak selesai juga sampai akhir tahun ini, kami mohon maaf  dengan segala hormat kepada kedua belah pihak agar kami (Kemdikbud) mengambil alih untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di UI,” tegas Nuh di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Jumat (25/11).

Namun hingga saat ini, mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ini masih memberikan kesempatan kepada kedua belah pihak untuk menyelesaikan masalahnya secara internal

BACA JUGA: 175 Siswa SD Ikut Konferensi Penulis Cilik

“Bagaimanapun, pemerintah tetap memberikan dukungan dan kepercayaan agar mereka dapat menyelesaikan masalahnya sendiri,” imbuhnya.

 Dikatakan, niatnya untuk mengambil alih konflik internal UI tersebut karena pemerintah tidak ingin ada kevakuman di sisi tata kelola UI
“Kami tentunya  ingin memfasilitasi jika diminta

BACA JUGA: Pemda Nakal, Kemdikbud Stop Bantuan Finansial

Bagaimanapun kementerian tidak boleh lepas tangan
Tapi kami juga  tidak ingin tarik-tarikan ke sana kemari, karena akan mencemari nama UI pastinya

BACA JUGA: 3.500 Sarjana Pendidikan Untuk Daerah Terluar

Jadi tetap harus kita jaga,” paparnya.

Pada pertemuan dua bulan lalu, pemerintah telah memberikan tiga opsi kepada UIKetiga opsi yang ditawarkan, yakni memperpanjang periode MWA hingga pemilihan rektor selesaiOpsi kedua, mempercepat pemilihan rektor yang akan tetap dipilih MWA

Opsi ketiga, membentuk organ baru, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 66 mengenai masa transisiArtinya tidak ada MWA, tetapi dewan pertimbangan, dewan pengawas, dan senat universitas“Hingga saat ini belum ada keputusan dan tidak ada opsi yang dipilih,” kata Nuh.

Pertemuan tersebut  dihadiri Ketua Majelis Wali Amanat UI Purnomo Prawiro, Emil Salim, Miranda Swaray Goeltom, Adnan Buyung Nasution, Arifin Suriatmaja, dan Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri.

Nuh tetap berkeyakinan bahwa UI khususnya Rektorat dan MWA masih mampu menyelesaikan masalahnya sendiri“Intinya kan MWA akan tetap selesai pada Januari 2012Saya itu yakin, persoalan ini bisa diselesaikan kok,” katanya(cha/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemerataan Guru Diatur Lima Kementrian


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler