Nurdin: Solusinya, Perbaiki Stadion

PSM Minta Kompensasi Jadwal Empat Kali

Senin, 13 September 2010 – 10:22 WIB
MAKASSAR - Polemik soal kelayakan Stadion Andi Mattalatta mulai meredaItu setelah Ketua Umum PSSI Nurdin Halid dan Ketua Umum PSM, Ilham Arief Sirajuddin, menggelar pertemuan di kediaman Nurdin, Jalan Mapala, Makassar, Minggu (12/9) siang.

Nurdin memang datang menyambangi stadion itu, Minggu, karena mengaku tak menyangka jika tim verifikasi AFC menyatakan bahwa stadion yang pernah dipakai sebagai tuan rumah babak delapan besar Piala Champions Asia itu tak layak untuk ISL.

"Saya terhenyak dan kaget, kok stadion ini tak layak (di) Indonesia Super League (ISL), padahal pernah dipakai Piala Champions

BACA JUGA: Ballack Harus Kembali Tergeletak

Makanya saya datang (untuk) melihat dari dekat," kata Nurdin kepada wartawan, kemarin.

Nurdin sempat berkeliling melihat stadion dari dekat, dengan didampingi adiknya yang juga Ketua Pengda PSSI Sulsel, Kadir Halid, serta sejumlah pengurus Yayasan Olahraga Sulsel (YOSS) dan wartawan
Hampir dua jam lamanya mantan manajer PSM itu berkeliling sambil memberi komentar.

Salah satu yang menjadi "PR" PSM, kata dia, adalah membenahi rumputnya

BACA JUGA: Jawara di Monza, Alonso Perpendek Selisih Angka

Menurut Nurdin, rumput stadion sudah tak layak, karena sudah banyak tumbuh rumput liar
Selain itu, kondisi kontur tanah kurang rata

BACA JUGA: Beda Setelan Duo McLaren

Nurdin mengaku kaget, karena sejak direnovasi sembilan tahun lalu, seolah tak pernah lagi disentuh renovasi atau tidak ada sama sekali pemeliharaan.

"Setelah saya lihat, saya terus terang kagetDulu stadion ini layak untuk Asia, tapi sekarang untuk ISL saja tidak bisaIni yang menggelitik saya untuk harus melihatnya dari dekat," kata Nurdin lagi.

Karena tidak layak itu, Nurdin pun menyarankan agar Pemerintah Kota Makassar dan Pemerintah Provinsi ikut mendorong perbaikan stadionApalagi katanya, masih ada waktu untuk memperbaiki, sebelum kompetisi ISL bergulirMenurut mantan manajer PSM di LI II, III, VI dan VII itu, tak perlu berpolemik soal stadionSolusi paling bagus adalah memperbaiki.

"Tak perlu ada ancaman mundurItu tidak bagusKita mau maju ke depan, bukan mundur ke belakang," ungkapnya.

Ketika ditanyakan kapan deadline perbaikan diberikan PSSI untuk PSM, Nurdin menyatakan lebih cepat lebih baik"Saya mau tunggu laporan perbaikan dari Pak Ketua Umum PSMSecepatnya lebih bagusKalau sudah diperbaiki, PSM bisa kembali mentas di stadionTidak ada yang susah kan?" tuturnya.

PSSI kata Nurdin, juga berjanji akan membantu PSM memperbaiki stadion"Kalau tidak sanggup, kita upayakan bisa membantu melalui pendanaan PSSIInsya AllahTapi harus ada aksi," tambahnya.

Sementara itu, usai bersilaturrahmi ke rumah Nurdin, Ketua Umum PSM Ilham Arief Sirajuddin mengatakan, PSM siap mematuhi ketentuan Badan Liga Sepak Bola Indonesia (BLI)Termasuk tuntutan perbaikan stadion"Pak Nurdin datang membawa solusiKami sudah ketemu empat mata, dan siap memperbaiki stadion agar PSM tetap main di Makassar," kata Ilham.

Saat bertemu Nurdin, Ilham mempertanyakan apa saja yang menjadi "PR" PSM soal stadionNurdin, kata Ilham lagi, menitikberatkan pembenahan untuk lapanganSelama ini kata Ilham, pihaknya memang tak pernah menerima dokumen resmi dari tim verifikasi BLI, soal item apa saja yang mesti dibenahiDi situlah awalnya manajemen PSM mengaku kebingungan.

"Kalau ada surat, bisa kita lihat apa yang tidak layak, lalu kita kerjaItu semua yang membingungkan kitaTapi semua selesai, karena Pak Nurdin bilang harus membenahi lapangan sajaYang lain masih bagus, kecuali lampu," kata Ilham pula.

Ilham pun menyanggupi perbaikan stadion itu, asalkan diberi kompensasi jadwal empat kali berturut-turutPSM direncanakan akan tandang pertama kali ke Persijap Jepara, lalu ke Persibo Bojonegoro, pada 26 dan 29 SeptemberSetelah itu home mulai tanggal 2-4 OktoberNah, setelah itu tak ada lagi jadwal, karena ISL berhenti lantaran agenda timnas untuk Piala AFF dan SEA Games segera dimulai.

"Kami bersama beliau (Nurdin) punya pengalaman merenovasi stadion saat Piala Champions Asia 2002Kami bekerja keras hanya dalam tempo 45 hariHasilnya, tetap bisa dipakaiNah, solusi yang ditawarkan PSSI, kami harus memperbaiki stadion dalam jangka waktu dekat, sebelum PSM home di MakassarDan kami kira itu bisa," kata orang nomor satu di PSM Makassar itu.

Ilham menegaskan, pihaknya sebenarnya tak punya ancaman mundurSemua itu katanya, hanya karena tak ingin mengecewakan pendukung PSM"Subtansinya, karena klub ini dibiayai APBD, maka misi menghibur rakyat harus dapatKalau main di luar, tentu tidak bisaMakanya kami ngotot agar tetap bisa main di Makassar," ungkapnya(aci)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Rebut Pole Position, Alonso Jaga Peluang Champion


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler