Oh No! 5 Kebiasaan ini Bisa Bikin Gigi Berlubang

Jumat, 30 Desember 2016 – 08:09 WIB
Ilustrasi

jpnn.com - JPNN.com - Gigi berlubang. Rasanya, tidak ada satu orang pun yang ingin mengalaminya.

Anda juga, bukan? Keluhan ini memang sering terjadi pada anak-anak. Namun jangan salah, ternyata orang dewasa juga bisa mengalaminya!

BACA JUGA: Waktu Tidur Ideal Untuk Anak-anak

Gigi berlubang keluhan yang bisa menyerang siapapun, tanpa pandang usia. Berikut lima penyebab gigi berlubang seperti dilansir dari Klikdokter.com:

1. Kebiasaan ngemil yang salah.

BACA JUGA: 6 Makanan ini Bikin Anda Gak Cepat Lapar

Tahukah Anda bahwa ngemil di antara waktu makan bisa merusak gigi? Ini karena kandungan gula di dalam camilan yang dikonsumsi membuat keseimbangan pH di dalam mulut menurun akibat produksi asam dari bakteri.

PH yang rendah tersebut membuat mineral dalam gigi larut, sehingga meningkatkan risiko gigi berlubang.

BACA JUGA: Tahukah Anda Penyakit Hashimoto? Simak Gejalanya

2. Mengonsumsi minuman bersoda.

Minuman bersoda yang dikonsumsi secara berlebihan dan rutin bisa membuat gigi berlubang. Ini karena minuman tersebut mengandung pemanis buatan dan soda, yang menurunkan pH di dalam mulut.

Jika Anda benar-benar ingin mengonsumsi minuman bersoda, gunakan sedotan untuk memperkecil kontak gigi dengan minuman. Setelah itu, ikuti dengan mengonsumsi air putih. Tunda minimal 30 menit sebelum menyikat gigi.

3. Tidak menyikat gigi sebelum tidur.

Tidak menyikat gigi sebelum tidur berpotensi besar menyebabkan gigi berlubang. Ini karena saat tidur, produksi air liur yang berfungsi untuk membersihkan gigi mengalami penurunan.

Sehingga, sisa makanan akan menempel sepanjang malam, dan bakteri akan menghasilkan asam yang membuat gigi berlubang.

4. Mengkertakkan gigi saat tidur.

Anda sering merasa nyeri dan pegal di area pipi atau rahang saat bangun tidur? Kemungkinan besar Anda memiliki kebiasaan mengkertakkan gigi atau bruxism.

Jika dibiarkan, kebiasaan ini bisa menyebabkan permukaan gigi terkikis, hingga mengakibatkan gigi patah.

Untuk mencegahnya, gunakan pelindung gigi yang bisa Anda dapatkan di dokter gigi. Selain itu, bruxism juga merupakan pertanda adanya kecemasan. Jadi, cobalah untuk lebih relaks dan santai sebelum tidur.

5. Mengunyah es batu.

Kebiasaan ini bisa membuat gigi Anda retak. Jika dilakukan secara terus-menerus, maka gigi yang retak bisa bertambah parah, dan menyebabkan gigi menjadi sensitif, atau bahkan patah.

Mana kebiasaan yang sering Anda lakukan –baik dengan sadar maupun tidak? Mulai saat ini, yuk, tinggalkan kebiasaan-kebiasaan tersebut.

Selain itu, jangan lupa untuk juga menyikat gigi dengan pasta gigi ber-flouride, terutama malam hari sebelum tidur.(NB/RH)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Makanan Ini Cocok untuk Program Diet


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler