Olimpiade Paris 2024: Selamatkan Wajah Indonesia, Jorji Mengaku Sempat Tertekan

Jumat, 02 Agustus 2024 – 04:52 WIB
Selebrasi kemenangan Gregoria Mariska Tunjung seusai melangkah ke perempat final ajang Olimpiade Paris 2024 di Porte de La Chapelle Arena, Paris, Jumat (2/8/2024) dini hari WIB. Foto: Foto: NOC Indonesia/Naif Muhammad Al'as

jpnn.com - Pebulu tangkis Gregoria Mariska Tunjung menyelamatkan wajah Indonesia pada Olimpiade Paris 2024 seusai melangkah ke perempat final.

Berlaga di Porte de La Chapelle Arena, Paris, Jumat (2/8/2024) dini hari WIB, tunggal putri kelahiran 11 Agustus 1999 itu menumbangkan wakil Korea, Kim Ga Eun lewat pertarungan rubber game 21-4, 8-21, 23-21.

BACA JUGA: Terhenti di Perempat Final Olimpiade Paris 2024, Fajar/Rian Mengaku Sudah Maksimal

Pada laga ini, pemain asal Wonogiri itu bermain taktis menghadapi tunggal putri asal Negeri Ginseng.

Namun, permainan Jorji -sapaan akrab Gregoria- sempat mengendur di gim kedua.

BACA JUGA: Fajar/Rian Angkat Koper dari Olimpiade Paris 2024

Beruntung, pada gim penentuan, juara BWF World Junior Championship 2017 itu tetap tenang saat poin-poin kritis untuk mengakhiri laga dengan kemenangan dalam tempo 55 menit.

"Pastinya lega bisa memenangkan pertandingan yang melelahkan ini. Bagi saya cukup menjadi beban apalagi dengan keadaan sekarang saya tinggal sendiri."

BACA JUGA: Pembelaan PBSI Atas Hasil Buruk Indonesia di Olimpiade Paris

“Saya merasa tekanan sangat kuat untuk saya saat masuk ke lapangan, tetapi saat pertandingan dimulai saya bisa merasa lebih baik," ungkap pasangan dari Mikha Angelo itu dalam rilis tertulis.

Mental bertanding tunggal putri ranking delapan dunia itu patut mendapatkan apresiasi.

Setelah banyak membuat kesalahan sendiri di gim kedua, Jorji memperbaiki penampilannya denagn lebih sabar serta agresif pada set ketiga sehingga mampu melangkah ke perempat final.

"Saat interval gim ketiga, kak Herli (Djaenudin) memberi tahu saya berada dalam pressure yang sangat tinggi, jadi dia berpesan ayo coba lagi, apa yang saya yakini bisa dilakukan, lakukan saja."

"Setelah itu, saya juga teriak-teriak untuk melepaskan beban dan Puji Tuhan berhasil," ungkap juara Spain Masters 2023 itu.

Dengan hasil ini, Gregoria Mariska Tunjung akan menantang tunggal putri Thailand, Ratchanok Intanon pada perempat final cabang olahraga bulu tangkis Olimpiade Paris 2024.

Wakil Negeri Gajah Putih itu mendapatkan keuntungan bye di 16 besar dan langsung tampil pada Top 8.

Jorji kini menjadi harapan besar fan bulu tangkis Tanah Air setelah sebelumnya Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tersingkir.

Juara All England 2024 itu angkat koper seusai menyerah di hadapan ganda putra China, Liang Wei Keng/Wang Chan lewat pertarungan ketat 22-24, 20-22.

Adapun empat wakil Indonesia lainnya, yakni Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra), Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (ganda putri), dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (ganda campuran) tersingkir lebih awal di fase grup.(pbsi/mcr16/jpnn)


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler