Olivier Giroud Mengumumkan Pensiun dari Timnas Prancis

Selasa, 16 Juli 2024 – 07:40 WIB
Arsip foto - Pemain Prancis Olivier Giroud (AFP/FRANCK FIFE)

jpnn.com - JAKARTAOlivier Giroud pensiun dari Tim Nasional Prancis.

Pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk Timnas Prancis itu mengonfirmasi bahwa akan pensiun dari timnas, pada Senin.

BACA JUGA: EURO 2024: FFF Pertahankan Deschamps jadi Pelatih Prancis

Dia menyebut bahwa ini merupakan saat yang tepat untuk menutup karier internasional dengan catatan 57 gol dari 137 penampilan.

“Masa panjang yang mendebarkan telah tiba: Saat untuk mengucapkan selamat tinggal kepada Tim Nasional Prancis,” tulis Giroud di akun resminya di Instagram.

BACA JUGA: Inggris vs Prancis: Olivier Giroud Gemilang, Harry Kane yang Malang

Dia pun mengucapkan terima kasih kepada Pelatih Timnas Prancis Didier Deschamps.

“Kami telah menjadi sekumpulan teman yang tidak dapat dipisahkan di bawah tatapan mata seorang pria: sang pelatih, Didier Deschamps, yang saya berterima kasih banyak untuk kepercayaannya. Meski terdapat fase naik dan turun, dia mampu menjadikan saya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk Les Bleus.”

BACA JUGA: EURO 2024: Masa Depan Gareth Southgate Seusai Inggris Gagal Juara

“Tim Prancis yang telah saya layani selama 13 tahun akan selalu terukir dalam hati saya. Itu merupakan kebanggaan terbesar dan kenangan terindah bagi saya,” tambah pemain 37 tahun itu.

Selama karier internasionalnya, Giroud berhasil memenangi Piala Dunia pada 2018 dan juga menjadikan Prancis sebagai runner up Piala Eropa dan Piala Dunia.

Dia memecahkan rekor gol timnas milik Thierry Henry sebanyak 51 gol pada Piala Dunia 2022 di Qatar, saat Prancis takluk dari Argentina setelah memainkan laga sengit di final.

Giroud melakukan debut timnasnya 2011 dan mencetak gol pertamanya saat membela timnas Prancis pada pertandingan ketiganya.

Saat itu, dia mencetak gol pembukaan ketika Les Bleus menang 2-1 atas Jerman pada pertandingan persahabatan.

Dia mengemas golnya yang ke-57 untuk Timnas Prancis pada Maret 2024, saat mereka menang tipis atas Chile.

Pada Mei silam, Giroud telah mengatakan bahwa Piala Eropa 2024 akan menjadi turnamen utama internasional terakhirnya.

Dia mencatatkan empat penampilan sebagai pemain pengganti, ketika Prancis mencapai semifinal, yang mana mereka dikalahkan oleh Spanyol yang kemudian menjadi juara.

Mantan penyerang Arsenal, Chelsea, dan AC Milan itu akan bergabung dengan klub AS, Los Angeles FC, pada musim depan. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler