Omongan Amien Rais Dimentahkan Elite PAN

Senin, 23 April 2018 – 07:55 WIB
Amien Rais. Foto: dok.Jawapos.com

jpnn.com, JAKARTA - Pernyataan Amien Rais yang menyebut PAN tidak mungkin mendukung Jokowi di Pilpres 2019, dimentahkan sejumlah elite partai berlambang matahari tersebut.

Hal ini menunjukkan dinamika di elite internal PAN masih terbelah. Di satu sisi, ada keinginan agar PAN bisa segera bergabung mendukung kembali Prabowo Subianto. Namun, masih ada juga opsi agar PAN tetap memihak pemerintah. Perbedaan pendapat itu akan dituntaskan dan diambil keputusan melalui forum rapat kerja nasional (rakernas) PAN.

BACA JUGA: Prabowo Sudah Siap, Muslim Alumni UI Masih Cari yang Lain

’’Mudah-mudahan, dalam waktu dekat melalui mekanisme rakernas,” ujar Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno saat dihubungi, Minggu (22/4).

Menurut Eddy, rakernas adalah forum tertinggi partai di bawah kongres. Seluruh perwakilan PAN di daerah berkesempatan menyampaikan aspirasi dan masukan terkait dengan posisi PAN di pilpres.

BACA JUGA: Tidak Ada Jaminan Koalisi Parpol Pendukung Jokowi Langgeng

Termasuk kepastian hasil rakernas PAN tahun lalu yang mengusung Zulkifli sebagai capres. Eddy memastikan rakernas PAN akan menjawab semua. ’’Kesepakatan yang kami cari adalah kesepakatan bulat dan bukan lonjong. Apa yang diputuskan diperkirakan aklamasi,’’ ujarnya.

Wakil Ketua Umum PAN Taufik Kurniawan menilai bahwa dinamika elite internal PAN adalah hal yang wajar. Menurut dia, sebelum ada keputusan organisasi, siapa pun elite atau kader PAN bebas menyampaikan pandangan.

BACA JUGA: Ide Pembentukan Poros Ketiga Buyar Jika PD Ikut Usung Jokowi

’’Sebelum adanya keputusan dari rakernas, banyaknya pendapat merupakan hal yang sah-sah saja. Tapi, pada saat rakernas, harus dijadikan komitmen bersama,’’ tutur wakil ketua DPR tersebut.

Menurut Taufik, sampai saat ini baru ada satu hal yang pasti. Yakni, keputusan Rakernas PAN 2017 yang mengusung Zulkifli selaku Ketum PAN sebagai capres. Keputusan itu tentu bakal ditindaklanjuti dalam Rakernas PAN 2018 beserta dinamika yang ada.

’’Karena ini kondisinya harus koalisi, keputusan mengarah ke mana akan diputuskan dalam rakernas,’’ jelasnya. (bay/c14/fat)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Wasekjen PAN Tuding Romi PPP Baperan soal Partai Setan


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Amien Rais   PAN   Jokowi   Pilpres 2019  

Terpopuler