Opening Night JF3 2024: #20YearsContribution Memperkuat Industri Mode Indonesia

Jumat, 26 Juli 2024 – 11:08 WIB
Festival mode terbesar, paling berpengalaman, dan paling berpengaruh di Indonesia, JF3 kembali diadakan untuk melanjutkan komitmennya mendukung ekosistem industri mode tanah air. Foto: supplied

jpnn.com, JAKARTA - Festival mode terbesar, paling berpengalaman, dan paling berpengaruh di Indonesia, JF3 kembali diadakan untuk melanjutkan komitmennya mendukung ekosistem industri mode tanah air.

Di tahun ke-20 ini, JF3 mengusung tema #20YearsContribution, yang menandai tonggak sejarah dua dekade kontribusi nyata JF3 untuk industri mode Indonesia, baik dari segi inovasi, relasi, dan bisnis.

BACA JUGA: Brand Busana Muslim Ini Buka Store di Gandaria City, Teuku Wisnu: Produk Makhtab Memang Bagus

Festival mode terbesar di Indonesia ini digelar pada 18 hingga 28 Juli di Summarecon Mall Kelapa Gading dan 26 Juli hingga 4 Agustus 2024 di Summarecon Mall Serpong.

“Pada awalnya JF3 diinisiasi oleh PT Summarecon Agung adalah untuk mendukung para pelaku usaha mode agar dapat menampilkan karyanya secara lebih professional. Komitmen menjadi dasar utama JF3 dalam membangun semua yang dilakukan, yang mendorong kelangsungan JF3 selama dua dekade ini dengan konsistensi yang tak tergoyahkan," kata Chairman JF3 Soegianto Nagaria.

BACA JUGA: Peragaan Busana Patterns of Hope, Sumbangkan Rp 100 Juta untuk Anak Pengidap Kanker

Dia mengatakan komitmen inilah yang menghasilkan konsistensi. 20 tahun bukanlah waktu yang singkat, terutama untuk sebuah festival mode. Meskipun menghadapi berbagai tantangan, seperti krisis ekonomi dan pandemi, JF3 tetap teguh melangkah.

"Bagi kami, pelaku industri mode harus terus bergerak maju agar visi kami untuk memajukan industri mode bisa terwujud sepenuhnya,” kata Soegianto Nagaria.

BACA JUGA: Geram Kapolres Jember 5 Anggotanya Dikeroyok Pesilat PSHT, Aipda Parmanto Terluka Parah

Advisor JF3 Thresia Mareta menjelaskan dalam tiga tahun terakhir, JF3 telah membuat banyak perubahan, terutama dalam bagaimana presentasi itu dilakukan.

"Saya melihat kita sangat membutuhkan visi yang baru untuk membawa industriri ini keluar dari momok masa lalu yang saya sadari sudah sangat tidak relevan dengan perkembangan masa. Untuk itu kami melakukan perubahan eksekusi secara detail, mulai dari pemilihan lokasi, konsep presentasi, hingga bagaimana ruang itu dibangun untuk mencapai relevansi yang dituju. Hasilnya, dalam 3 tahun terakhir ini, JF3 selalu berbeda dan menampilkan sesuatu yang baru,” katanya.

Malam pembukaan JF3 Fashion Festival 2024 berlangsung dengan meriah pada Kamis, 25 Agustus 2024, pukul 19:00 di La Piazza Fashion Tent, Summarecon Mall Kelapa Gading.

Acara pembukaan yang dihadiri oleh ratusan tamu VIP dan tokoh penting dari berbagai sektor ini menjadi tonggak sejarah bagi perjalanan dua dekade JF3 dalam memajukan industri mode Indonesia.

Malam ini JF3 kembali menyatukan para pelaku industri mode, media, dan pecinta fashion dalam sebuah perayaan yang tak terlupakan, sekaligus menjadi bukti nyata komitmen JF3 dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan desainer-desainer muda berbakat.

Berbagai inisiatif strategis diluncurkan pada malam pembukaan ini, menandai langkah maju JF3 dalam membawa industri mode Indonesia ke kancah global.

Berikut adalah sorotan dari acara tersebut: Melanjutkan tradisi setiap tahun, JF3 kembali memberikan penghargaan kepada para pihak dan insan yang berperan penting dalam industri mode tanah air.

Ini adalah bentuk apresiasi atas dedikasi dan upaya mereka dalam memajukan industri mode Indonesia. Pada tahun ini, penghargaan yang diberikan terdiri dari dua kategori: Emerging Local Brand dan

? Pengumuman pemenang JF3 Model Search 2024

JF3 Model Search telah membangun reputasi sebagai audisi model bergengsi selama 20 tahun terakhir, secara konsisten membuka akses dan peluang kepada model muda untuk membangun karir profesional mereka di dunia modelling.

Melibatkan profesional di industri mode, JF3 menerapkan standar tinggi dalam setiap tahap seleksi, menegaskan komitmennya untuk melahirkan bakat terbaik di industri modeling tanah air.

Sekitar 400 model muda berbakat mengikuti audisi ini di tiga kota: Bali, Yogyakarta, dan Jakarta, menunjukkan antusiasme luar biasa terhadap JF3 Model Search sebagai pintu gerbang karir model muda menuju industri mode professional. Melalui proses seleksi ketat selama dua bulan dalam tiga tahap, JF3 dengan bangga mengumumkan pemenang JF3 Model Search 2024 pada Opening Night.

? Desainer pembuka: Armine Ohanyan (FR) untuk koleksi “CYBERDISTORTION”

Armine Ohanyan, desainer muda asal Prancis, mendapatkan kehormatan sebagai desainer pembuka di JF3 2024.

Partisipasi Armine merupakan hasil kerja sama antara JF3, Pintu Incubator, dan Kedutaan Besar Prancis di Indonesia melalui Institut Français d'Indonésie (IFI).

Armine Ohanyan adalah seorang desainer muda yang kreatif menggabungkan keterampilan kerajinan tradisional dengan teknologi modern untuk menciptakan karya-karya inovatif dan berkelanjutan.

Karya-karyanya menawarkan desain yang sangat mendetail dan bermakna yang dipengaruhi oleh semangat perempuan dan keindahan alam. Keahliannya dalam mengintegrasikan teknologi seperti pemotongan laser, thermoforming, dan pencetakan 3D telah diakui melalui berbagai penghargaan bergengsi, termasuk nominasi untuk Luxury And Creative Talents 2023 dan sebagai Finalis untuk Grand Prix For The Creation Of The City Of Paris 2022.

Armine menyerukan NO WASTE dengan menciptakan koleksi kapsul edisi terbatas yang berkolaborasi dengan seniman atau pengrajin, dan mengekspresikan cara baru dalam merancang mode sambil menonjolkan kerajinan tangan dan Made in Paris.

Di JF3 Fashion Festival 2024, Armine Ohanyan akan mempresentasikan koleksi terbarunya bertajuk "CYBERDISTORTION." Koleksi ini mengeksplorasi ketegangan antara dunia digital dan realitas, mencerminkan tantangan sosial dan ekologis yang kita hadapi saat ini.

Inspirasi utamanya ialah kontradiksi dalam kehidupan kita, yang diwakili melalui warna, tekstur, dan bentuk yang berlawanan. Koleksi ini menawarkan pakaian unisex dengan sentuhan futuristik, mencerminkan bagaimana kita dapat membawa pengetahuan dan warisan masa lalu menuju masa depan. (rhs/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 3 Rumah Sakit Klaim Fiktif BPJS Kesehatan Miliaran Rupiah, KPK Turun Tangan, Nah Loh


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler