Operasi Patroli Laut Jaring Wallacea II Resmi Dibuka, Bea Cukai Sampaikan Komitmen Ini

Kamis, 12 September 2024 – 14:41 WIB
Upacara pelepasan Satuan Tugas (Satgas) Operasi Patroli Laut Jaring Wallacea II 2024 yang dilaksanakan di Dermaga Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, Selasa (10/9). Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, MAKASSAR - Operasi Patroli Laut Jaring Wallacea II 2024 resmi dibuka.

Upacara pelepasan satuan tugas (satgas) operasi ini dilaksanakan di Dermaga Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar pada Selasa (10/9).

BACA JUGA: Bea Cukai Tanjungpinang Selamatkan Potensi Kerugian Negara Rp 104,5 Juta Lewat Operasi Pasar

Kegiatan ini turut dihadiri Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel), Kepala Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara (Sulbagtara), Kepala Kanwil Bea Cukai Kalimantan Bagian Timur (Kalbagtim).

Selain itu juga hadir Kepala Kanwil Bea Cukai Kalimantan Bagian Selatan (Kalbagsel), serta perwakilan dari Bea Cukai di Sulbagsel, Maluku, Papua, dan Direktorat Penindakan dan Penyidikan (P2) Kantor Pusat Bea Cukai.

BACA JUGA: Bea Cukai Magelang Tegaskan Siap Membantu Pelaku UMKM Agar Bisa Ekspor

Kepala Kanwil Bea Cukai Sulbagsel Djaka Kusmartata mengungkapkan patroli laut adalah salah satu bentuk upaya Bea Cukai dalam menjalankan tugas sebagai community protector untuk melindungi masyarakat dari ancaman peredaran barang-barang ilegal, dan sebagai revenue collector untuk mengamankan kekayaan dan hak negara di bidang kepabeanan dan cukai dengan cara menjaga perbatasan laut Indonesia.

“Operasi Patroli Laut Jaring Wallacea merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Bea Cukai, khususnya di kawasan Timur Indonesia," mulai dari perairan Kalimantan Bagian Timur hingga Papua untuk menjaga wilayah perairan Indonesia dari ancaman masuknya barang-barang ilegal dan berbahaya,” kata Djaka dalam keterangan resminya, Kamis (12/9).

BACA JUGA: Wujud Transparansi, Bea Cukai Tegal Musnahkan Hampir 6 Juta Batang Rokok Ilegal

Selain operasi patroli laut, Bea Cukai juga melaksanakan sinergi pengawasan bersama perairan Indonesia melalui pertukaran informasi dan data antar-kementerian atau lembaga, seperti Badan Keamanan Laut (Bakamla), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polri.

Bea Cukai juga melaksanakan kerja sama dengan aparat penegak hukum (APH) negara lain, seperti Police Coast Guard terkait pertukaran informasi tentang narkotika, rokok, baby lobster, dan juga dengan Kastam Diraja Malaysia terkait operasi pengawasan di wilayah Semenanjung Malasysia.

“Melalui pelaksanaan Operasi Patroli Laut Jaring Wallacea II ini, Bea Cukai berkomitmen untuk terus meningkatkan pengawasan dan penegakan hukum di wilayah perairan Indonesia," tegas Djaka.

Dia berharap operasi ini dapat berjalan dengan lancar dan berhasil mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

"Mari bersama-sama menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” imbau Djaka. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler