Operasi Separatis Mansinam 2024 di Maybrat, Polda Papua Barat Kerahkan 70 Personel Brimob

Rabu, 24 Juli 2024 – 22:30 WIB
Wakil Kepala Polda Papua Barat Brigadir Jenderal Alfred Papare mengecek kesiapan personel Operasi Separatis Mansinam 2024 pada apel pemberangkatan yang digelar di Manokwari, Rabu. (ANTARA/Fransiskus Salu Weking)

jpnn.com - MANOKWARI - Kepolisian Daerah Papua Barat mengerahkan 70 personel Satuan Brimob dalam Operasi Separatis Mansinam 2024 di Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya.

Wakil Kepala Polda Papua Barat Brigadir Jenderal Alfred Papare mengatakan puluhan personel bawah kendali operasi (BKO) Brimob akan mengemban tugas selama enam bulan.

BACA JUGA: Polda Sumsel Menggagalkan Penyelundupan 37.804 Benih Lobster Bernilai Rp 5,6 Miliar

Operasi tersebut merupakan upaya Polri mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), sekaligus memberikan kenyamanan bagi warga Kabupaten Maybrat.

"Kehadiran BKO Brimob bertujuan mewujudkan kamtibmas di Maybrat yang kondusif supaya masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa," kata Alfred di Manokwari, Rabu (24/7), saat memimpin apel pemberangkatan personel.

BACA JUGA: KKB Tembaki Pesawat Smart Air

Alfred menyatakan seluruh personel BKO Brimob harus meningkatkan pola pengamanan, dan deteksi dini terhadap berbagai bentuk ancaman KKB yang kerap meresahkan masyarakat.

Setiap personel juga wajib memperhatikan aspek penegakan hukum dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM) selama pelaksanaan operasi agar tidak menyalahi aturan perundang-undangan.

BACA JUGA: Melawan Saat Ditangkap, Anggota KKB Tewas Ditembak

"Jaga soliditas internal, tingkatkan kedisiplinan, profesionalitas, dan perfoma masing-masing personel untuk keberhasilan tugas," ujar Alfred.

Semua personel BKO Brimob Polda Papua Barat, kata dia, wajib menjunjung tinggi HAM dalam penegakan hukum agar tidak menyalahi aturan perundang-undangan.

Operasi Separatis Mansinam 2024 harus mendapat dukungan dari semua komponen masyarakat di Kabupaten Maybrat, sehingga upaya pemberantasan KKB membuahkan hasil maksimal.

"Sisir dan tangkap semua anggota KKB yang masuk dalam daftar pencarian orang termasuk para simpatisan KKB," kata  Alfred.

Menurut dia, kepolisian bersama pemerintah daerah setempat terus berupaya meyakinkan masyarakat yang masih berada di daerah pengungsian untuk kembali ke kampung masing-masing.

Personel BKO tidak hanya berorientasi terhadap pencegahan gangguan kamtibmas melainkan turut berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial seperti perbaikan infrastruktur yang rusak.

"Kawal dan yakinkan masyarakat kembali ke kampung asal. Polri menjamin keamanan mereka untuk beraktivitas seperti sediakala," ucap Alfred Papare. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler