Operasi Tumor Tulang Berjalan Lancar, Sinta Aulia Berterima Kasih kepada Kapolri Jenderal Listyo

Rabu, 02 Maret 2022 – 14:05 WIB
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bersama Ketua Umum Bhayangkari Julianti Sigit Prabowo menjenguk Sinta Aulia (10), anak penderita tumor kaki asal Rembang yang menjalani perawatan di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (20/2/2022). (ANTARA/HO-Divisi Humas Polri)

jpnn.com, JAKARTA - Sinta Aulia Maulidiyah (10) berterima kasih kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang membantunya mendapatkan perawatan intensif dan menjalani operasi hip disartikulasi (amputasi sendi panggul kiri) di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur. 

Operasi tumor tulang yang berjalan selama dua jam (mulai pukul 10.30 WIB sampai 12.30 WIB) pada Rabu (23/2) itu berjalan lancar. 

BACA JUGA: Hamdalah, Operasi Sinta Aulia di RS Polri Berjalan Lancar

Kepala Bidang Perawatan Medik dan Perawatan Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Komisaris Besar Dokter Yayok Witarto menyampaikan hal itu kepada wartawan, Selasa (3/3) di Jakarta. 

“Rasa syukur atau terima kasih dari Anak Sinta atau keluarga, kepada Bapak Kapolri, dan rasa syukur atau terima kasih ke setiap dokter. Kondisi Sinta Aulia saat ini dalam masa pemulihan dan menunjukkan perbaikan,” kata Yayok kepada wartawan, Selasa (3/2).  

BACA JUGA: Kapolri Jenderal Listyo Memenuhi Janji Mengunjungi Sinta Aulia di RS Polri

Menurut Yayok, bocah asal Rembang, Jawa Tengah yang merupakan putri seorang pertani bernama Muhlisin itu memanggil Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dengan sebutan “Bapak Sigit”.

Sinta Aulia viral di media sosial setelah videonya mengenakan seragam polisi cilik memajang foto Kapolri di sampingnya, meminta bantuan kepada Jenderal Listyo untuk bisa berobat agar bisa pulih seperti sedia kala. 

BACA JUGA: Lihat Nih, Jenderal Dudung Pamer Seragam Baru TNI AD

Kapolri Jenderal Listyo merespons video itu dan langsung melakukan panggilan video dengan Sinta. 

Dia mendengarkan keinginan anak perempuan berusia 10 tahun tersebut. 

Kapolri Jenderal Listyo menugaskan jajarannya untuk membawa Sinta dengan helikopter menuju RS Polri, agar mendapatkan penanganan dari tim dokter terbaik. 

Sinta diterbangkan Kapolri Jenderal Listyo ke RS Polri dari Rembang untuk mendapat pengobatan. 

Sinta Aulia langsung menjalani observasi dan pemeriksaan medis terkait penyakit tumor tulang yang diidapnya. 

Tim Dokter RS Polri telah disiapkan untuk merawatnya. 

Kini, Sinta telah selesai menjalani operasi. 

Saat ini, anak pertama dari Muhlisin itu masih dalam masa pemulihan. 

Meski demikian, Sinta sudah dapat berkomunikasi dengan lancar.  

"Saat ini sudah bisa makan sendiri dan nafsu makan baik, komunikasi lancar,” kata Yayok. 

Perwira menengah dengan tiga melati di pundaknya itu menuturkan bahwa saat ini Sinta tengah dalam pengawasan beberapa dokter spesialis di RS Polri.  

“Pasien masih dalam pengawasan beberapa dari spesialis seperti dari spesialis ortopedi, anak, gizi klinik dan dirawat di ruangan VVIP," ujar Yayok.

Sinta pun sudah dalam kondisi dasar dan tengah menjalani pemulihan pascaoperasi. 

"Alhamdulillah jam 12.30 WIB operasi selesai, dan Ananda (Sinta) saat ini, setelah menjalani operasi mulai sadar dan aman dari ancaman terkait pascaoperasi," ujar Kapala Rumah Sakit Bhayangkara Polri Brigjen Asep Hendradiana dalam jumpa pers di RS Polri, Rabu (23/2). 

Jenderal bintang satu ini menjelaskan bahwa operasi tersebut telah disetujui oleh Sinta beserta orang tuannya. 

Menurutnya, mereka sepekat setelah diberikan pemahaman dan motivasi.  

"Proses advokasi, proses edukasi, kepada Ananda dan kedua orang tuanya, alhamdulillah, sehingga malam tadi disepakati dan disetujui. Alhamdulillah  malam tadi Ibu Kapolri juga hadir memberikan motivasi, dorongan, dan doa kepada Ananda, sehingga Ananda dan orang tuanya siap," kata Jenderal Asep.  (boy/jpnn) 


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler