Operator CDMA Antisipasi Lonjakan

Senin, 29 Juli 2013 – 06:29 WIB

jpnn.com - SURABAYA-Untuk mengantisipasi lonjakan traffic telekomunikasi saat hari raya nanti, operator CDMA meningkatkan kualitas jaringan. Diyakini, lonjakan akan terasa signifikan terutama untuk layanan data seperti memanfaatkan fasilitas messenger, seperti BBM, WhatsApp, dan aplikasi lain.

General Manager Esia Regional Jatim M. Prasetyo mengatakan kesiapannya menghadapi lonjakan traffic saat lebaran nanti. Secara nasional, jumlah BTS mencapai 4.000 buah dan 30 persen di antaranya di Jatim.

BACA JUGA: Lebaran, Karen Larang Direksi Pertamina Libur

"Coverage di Jatim telah mencapai 90 persen, dan kami berkomitmen untuk terus meningkatkan jumlah BTS di Jawa Timur," katanya.

Belum ini, pihaknya bekerjasama dengan Nahdlatul Ulama untuk memasang perangkat BTS di seluruh menara masjid di berbagai kota besar yang berada dalam pengelolaan NU. Menurutnya, itu bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas jaringan.

BACA JUGA: Larang Direksi Pertamina Cuti Lebaran

"Biasanya menjelang lebaran terjadi lonjakan traffic suara maupun data, makanya perlu perawatan rutin sekalis memperbesar kapasitas jaringan," ucap dia.

Selain itu, untuk mengakomodasi kebutuhan pelanggan, Esia meluncurkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan di Jatim, baik untuk pelanggan existing maupun pelanggan baru yang bermigrasi dari operator lain. "Tentu ini sekaligus dapat memperluas market share Esia di Jatim," tandas dia.

BACA JUGA: Garuda Datangkan Pesawat Jenis Turboprop

Sementara itu Smartfren juga melakukan optimalisasi dengan mempersiapkan 1.400 BTS di Jatim, Bali dan Lombok. Regional Head East Java Bali Nusa Tenggara Arinto Utama menuturkan, lonjakan traffic meningkat hingga dua kali lipat dari kondisi normal.

"Hampir 65 persen adalah pelanggan data, sedangkan sisanya merupakan suara dan pesan singkat sekitar 35 persen," ujarnya.

Selain itu, pihaknya telah melakukan penambahan micro BTS terutama di lokasi-lokasi strategis. Menurutnya itu lebih efisien, daripada melakukan penambahan BTS.

"Dari segi ukuran lebih kecil, sehingga mudah diletakkan di mana saja. Selain itu dari segi kapasitas bisa menambah hingga sebanyak seratus pelanggan," urainya. (res)

BACA ARTIKEL LAINNYA... AirAsia Indonesia Luncurkan Rute Bali - Kinabalu


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler