Optimalkan Produk UMKM Nasional, SIG Raih 5 Penghargaan PaDi Expo & Conference Award 2024

Jumat, 30 Agustus 2024 – 03:05 WIB
PT Semen Indonesia (SIG) mendapat lima penghargaan di ajang PaDi (Pasar Digital) UMKM Expo & Conference 2024, yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN, pada Selasa (27/8). Foto dok SIG

jpnn.com, JAKARTA - PT Semen Indonesia (SIG) mendapat lima penghargaan di ajang PaDi (Pasar Digital) UMKM Expo & Conference 2024, yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN, pada Selasa (27/8).

Penghargaan tersebut diraih SIG atas kontribusi perseroan dalam penyerapan produk dalam negeri.

BACA JUGA: BATIC 2024 Siap Berikan Kontribusi yang Signifikan Terhadap Kinerja Bisnis Telkom Group

Adapun penghargaan yang diraih SIG yakni Peringkat 1 BUMN Tipe B kategori Buyer Group dengan Frekuensi Transaksi Terbanyak; Peringkat 1 BUMN Tipe B kategori Buyer Group dengan Volume Transaksi Terbanyak.

Kemudian Peringkat 1 BUMN Tipe B kategori BUMN dengan Frekuensi Transaksi Tertinggi, Peringkat 1 BUMN Tipe B kategori BUMN dengan Volume Transaksi Terbanyak, serta penghargaan Best of The Best BUMN Tipe B.

BACA JUGA: Hari Kedua BATIC 2024: Diawali Charity Morning Run Hingga Komitmen Telkom Grup Menerapkan ESG

PaDi UMKM Hybrid Expo & Conference 2024 digelar secara hybrid di dua lokasi yaitu Gedung Sarinah Jakarta pada 11-14 Juli 2024, dan di e-Walk Plaza Balikpapan pada 18-21 Juli 2024.

Sementara secara online dapat diakses di aplikasi PaDi UMKM pada 11 Juli-10 Agustus 2024.

BACA JUGA: Dapat Predikat Perusahaan Terbaik, Pupuk Kaltim Raih 3 Penghargaan Naker Award 2024

Direktur Supply Chain SIG, Yosviandri menyampaikan apresiasi kepada Kementerian BUMN atas inisiasi penyelenggaraan PaDi UMKM Expo & Conference 2024 yang menjadi wadah bertemunya atau business matching antara pegiat UMKM dan perusahaan BUMN, untuk memperluas pemasaran dan meningkatkan penjualan produk UMKM.

SIG mencatatkan 111 transaksi dengan total nilai mencapai Rp5,132 miliar untuk belanja produk UMKM melalui aplikasi PaDi UMKM selama penyelenggaraan PaDi UMKM Expo & Conference 2024 secara online pada 11 Juli-10 Agustus 2024.

Adapun jenis produk yang dibelanjakan, di antaranya merchandise, sparepart pabrik, infrastruktur ICT (information and communication technology), ATK (alat tulis kantor), event organizer, dan kalender.

”Penghargaan PaDi UMKM Expo & Conference Award 2024 menjadi bukti nyata keberpihakan SIG terhadap industri dalam negeri, khususnya UMKM yang menjadi salah satu penopang perekonomian Indonesia. SIG berkomitmen untuk mengoptimalkan penggunaan produk UMKM dalam operasional bisnis Perusahaan untuk mendukung pengembangan dan kemajuan UMKM,” kata Yosviandri.

Yosviandri menambahkan, dalam upaya peningkatan komponen dalam negeri (TKDN), SIG memberikan pendampingan kepada pegiat UKM agar dapat memproduksi sparepart pabrik SIG guna mengurangi ketergantungan terhadap produk impor.

Proses pendampingan meliputi edukasi spesifikasi produk, pembuatan prototipe, proses uji coba, hingga tes performa di pabrik SIG.

Hingga saat ini, sebanyak 8 UKM binaan SIG telah berhasil memproduksi 10 jenis sparepart yang memenuhi standar industri dan siap digunakan di pabrik-pabrik SIG.

”Komitmen dalam penggunaan produk dalam negeri telah mengantarkan SIG meraih penghargaan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) sebagai Pengguna Produk Dalam Negeri Terbaik kategori Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dari Kementerian Perindustrian dua tahun berturut-turut, yaitu pada 2023 dan 2024,” seru Yosviandri.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler