Orang Dekat BG Jabat Dirtipideksus, Polri: Semua Dapat Kesempatan

Senin, 09 Maret 2015 – 18:16 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Kombes Victor Edi Simanjuntak ditunjuk sebagai Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri. Victor yang sebelumnya menjabat Kabagkermadiklat Robindiklat Lemdikpol, itu menggantikan Brigjen Kamil Razak yang dimutasi sebagai Karorenmin Baharkam Polri.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sertijab sudah dilakukan di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Senin (9/3), sekitar pukul 10.00. Victor pun yang ditemui wartawan Senin (9/3) siang membenarkannya. Ia menyebut yang melantik adalah Wakil Kepala Bareskrim Polri Irjen Johny Mangasi Samosi. "Dilantik oleh Wakil Kabareskrim," tegas Victor yang dikenal sebagai anak buah Kalemdikpol Komjen Budi Gunawan itu.

BACA JUGA: Banyak Pengalaman soal Bencana, Wapres Diundang ke Jepang

Perwira Polri berpangkat tiga melati ini merupakan salah satu yang terlibat dalam penangkapan Bambang Widjojanto di Depok, Jawa Barat, 23 Januari lalu. Victor disebut sebagai perwira yang memimpin operasi penangkapan Wakil Ketua KPK nonaktif tersebut.

Kadiv Humas Polri Irjen Ronny Franky Sompie membantah bahwa naiknya Victor karena hadiah menangkap Bambang Widjojanto.  Menurut dia, Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi Polri  tentu punya penilaian tersendiri untuk mempromosikan Victor. "Saya kira Tim Wanjakti yang bisa menilai itu. Karena beliau sudah cukup lama di Lemdikpol," kata Ronny di Mabes Polri, Senin (9/3).

BACA JUGA: PAN Isyaratkan Cabut Hak Angket untuk Ahok

Karenanya, Ronny meminta masyarakat tidak berpikir negatif terkait promosinya Victor sebagai Dirtipideksus. "Orang yang tidak paham dan berada di luar pasti akan berpikir negatif," tegasnya.

Kembali ia menegaskan, promosi itu sudah melalui keputusan Wanjakti Polri yang dipimpin Wakapolri Komjen Badrodin Haiti. "Tapi itu kan yang memimpin wanjakti Bapak Wakapolri," ujarnya.

BACA JUGA: Anang Serukan Hari Musik Nasional jadi Momentun Berantas Pembajakan

Nah, ia melanjutkan, kalau ada Anggota Lemdikpol sudah lima enam tahun atau lebih baru mendapatkan kesempatan promosi lalu dianggap sebuah keanehan, itu tidak benar. "Semua mendapatkan kesempatan yang sama untuk mendapatkan penyegaran," tegasnya.

Dia mengatakan, Victor sudah cukup lama di Lemdikpol. Dulunya Victor merupakan penyidik. Ia menyatakan, alasan Victor ditugaskan di Lemdikpol sebelumnya adalah untuk membagi kemampuan, pengalaman sebagai penyidik. "Nah, kalau sudah dinas cukup dan ditarik kembali ke Bareskrim Polri apakah tidak boleh?" kata Ronny. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Densus Ringkus Lima Anak Buah Santoso, Ini Peranan Mereka


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler