Orang Muda Ganjar Beri Perhatian kepada Penyandang Disabilitas di Kaltim

Sabtu, 11 Februari 2023 – 13:14 WIB
Orang Muda Ganjar memberikan bantuan kepada para penyandang disabilitas di Kaltim. Dok sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, BALIKPAPAN - Sukarelawan Orang Muda Ganjar (OMG) Kalimantan Timur memberikan perhatian kepada para penyandang disabilitas yang ada di Balikpapan.

Perhatian yang diberikan berupa pemenuhan hak pendidikan serta hak aksesibilitas. OMG Kaltim pun mengelar pelatihan menjahit dan pemberian tali kasih di Sekretariat DPC Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Balikpapan.

BACA JUGA: Ganjaran Buruh Berjuang Bangun Fasilitas MCK di Banten

Koordinator Wilayah OMG Kaltim Erwin Timbang menegaskan pelatihan itu bertujuan agar para penyandang disabilitas bisa lebih mandiri, punya keahlian, dan tak dipandang sebelah mata dalam kehidupan sosial.

"Kami ingin memperlihatkan bahwa pelatihan ini membuka mata kita semua bahwa mereka mampu untuk melaksanakan hal-hal yang mungkin dipikir tidak bisa dilaksanakan," kata Erwin dalam siaran persnya, Sabtu (11/2)

BACA JUGA: Ganjar Milenial Gelar Bersih-Bersih Pantai Warna Oesapa Bareng Komunitas

Keterbatasan bukanlah penghambat dari semangat dan kreativitas mereka, meski harus duduk di kursi roda atau bertumpu menggunakan tongkat.

Sejumlah kawan-kawan disabilitas tampak semangat dan telaten menjahit berbagai pola menggunakan kain perca agar nantinya bisa diaplikasikan menjadi sebuah karya.

BACA JUGA: Sebut Mbak Mega Realistis, Erros Djarot Yakini PDIP Bakal Usung Ganjar Pranowo

"Harapan kami kepada teman-teman, bapak-bapak, dan ibu-ibu disabilitas mereka terus semangat, terus memberikan kami sebagai anak muda semangat untuk kami semua," jelas Erwin.

Di sisi lain, OMG Kaltim memberikan tali kasih meliputi sepuluh unit tongkat ketiak dan siku (elbow), serta tiga unit kursi roda dalam memudahkan aksesibilitas para penyandang disabilitas.

Devi Mega (37) salah satu penyandang disabilitas mengaku bersyukur atas perhatian dari sukarelawan pendukung Ganjar tersebut.

"Hari ini saya sebagai kelompok difabel sangat bersyukur sekali karena mendapat perhatian dari OMG. Semoga ke depannya bisa memberikan lebih banyak manfaat," kata Devi.

Mustakim (21) penyandang disabilitas fisik lainnya merasa terbantu dengan bantuan kursi roda oleh OMG. Adanya tali kasih ini bakal memudahkan pergerakan dan aktivitas Mustakim sehari-hari.

"Terima kasih semua bantuannya semoga berguna. Ya sudah lama kepingin dapet kursi roda, baru dapet sekarang," pungkas Mustakim. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Antisipasi Kenaikan Harga Beras di Jateng, Ganjar Bakal Lakukan Hal Ini


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler