Overload, Terminal Kalijaya Diwacanakan Dua Tingkat

Selasa, 15 Maret 2011 – 17:51 WIB
CIKARANG UTARA – Beralasan lahan makin overload, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bekasi mewacanakan Terminal Kalijaya bakal dimaksimalkan menjadi dua tingkatHal itu menyusul menyempitnya terminal tipe C tersebut yang tidak mampu lagi menampung lebih 200 unit per hari.

Kepala Dishub Kabupaten Bekasi, Roni Harjanto mengatakan, daya tampung terminal Kalijaya kini sudah overload

BACA JUGA: Lagi, 4 Rumah Jemaat Ahmadiyah Dirusak

Sejatinya, kata dia, untuk terminal tipe C hanya mampu menampung sebanyak 70 unit angkutan.

"Sekarang jumlahnya sudah lebih dari 200 angkutan yang ada di Terminal Kalijaya
Jumlah itu sudah kebanyakan

BACA JUGA: Tiang Pancang Tak Cocok untuk Busway

Sekarang saja sudah ada bus untuk antar daerah dan antar provinsi
Memang sudah seharusnya ada pengembangan terminal," ungkap Roni di sela-sela perbincangan dengan Komisi C DPRD Kabupaten Bekasi yang melakukan kunjungan kerja, kemarin sore.

Dijelaskan Roni, wacana pembangunan Terminal Kalijaya, nantinya akan memiliki dua tingkat

BACA JUGA: Wako Bekasi Belum Tahu Kapan Diadili

Tingkat pertama untuk kendaraan angkutan, dan tingkat kedua digunakan untuk pertokoan"Ini hanya sebatas wacanaTapi, untuk pembangunannya menunggu investorSaya optimis banyak investor yang mau," katanya.

Selain itu, saat dikunjungi Komisi C, Roni juga mengungkapkan akan membangun sub terminal untuk angkot yang berlokasi di Jalan Tumaritis, Kecamatan Cikarang UtaraPembangunan itu untuk mengurai kemacetan yang terjadi di depan SGC yang disebabkan angkot yang mencari penumpang.

"Pembangunan sub terminal masih menunggu kepastian dari status jalanApakah Jalan Tumaritis itu jalan negara atau jalan provinsi? Jadi juga masih menunggu Dinas BinamargaKalau soal pembebasan lahan itu bisa dilakukanSaat ini pembangunan sub terminal masih dalam kajian," paparnya.

Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Bekasi, Aep Saeful Rohman mengatakan, pembangunan sub terminal di Jalan Tumaritis dan pembangunan Terminal Kalijaya akan dijadikan agenda Pemkab Bekasi untuk direalisasikanSedangkan untuk pemasangan traffic light, diharapkan bisa segera terselesaikan.

"Baru empat titik traffic light yang sudah terpasangSisanya, sebanyak tujuh titik harus segera dipasangKalau tidak bisa pada anggaran tahun ini harus dianggarkan di ABTKalau pembangunan Terminal Kalijaya dan sub terminal, itu sudah menjadi agenda yang harus direalisasikan," pungkas Aep(enr)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PDAM TB Operasikan IPA Minum


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler