Pacu Perekonomian Sumedang, 3 Instansi Dukung Budi Daya Sapi lewat Skema KUR

Kamis, 17 Maret 2022 – 19:49 WIB
Penandatanganan akad kredit di kantor Bank bjb Cabang Sumedang dengan disaksikan Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir didampingi Pimpinan Cabang Bank bjb Sumedang Ahmad Juansyah dan M. Dio Wicaksonoadi selaku pemilik PT Cemerlang Jaya Makmur. Foto: Pemkab Sumedang

jpnn.com, JAKARTA - Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir mengatakan terus berkolaborasi untuk memacu perekonomian wilayahnya.

Salah satu bentuk kolaborasi itu, yakni budi daya sapi yang dilakukan bersama dengan petani milenial yakni PT CJM, Bank bjb, dan pemerintah daerah.

BACA JUGA: Sumedang Raih Predikat A, H Dony Terima Langsung Pengharaan dari MenPAN-RB

Dia membeberkan Bank bjb menyalurkan kredit sebesar Rp 1,4 milyar untuk 23 orang peternak, masing-masing mendapat Rp 65 juta.

"PT CJM bertindak sebagai penjamin hasil ternaknya. Ini merupakan suatu ikhtiar untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan rakyat, " katanya.

BACA JUGA: Bupati Sumedang Apresiasi Cara Kreatif Peningkatan Capaian Vaksinasi Massal

Menurutnya, para penerima bantuan yang amanah ke depannya  akan mendapatkan plafon KUR sampai dengan Rp 500 juta atau sebanyak 25 ekor sapi. 

"Bank bjb berkomitmen untuk menambah modal lebih besar lagi, yakni sampai Rp 500 juta apabila petani bisa amanah dalam mengelola dana sebelumnya," jelasnya.

BACA JUGA: Wabup Sumedang Erwan Setiawan: Semua Perizinan Mudah dan Cepat

H Dony menyebutkan program tersebut menjadi solusi terhadap permasalahan yang biasanya dihadapi para peternak yaitu modal dan pasar.

"Manfaatkan peluang ini untuk kesejahteraan kita karena hakikat pembangunan yaitu peningkatkan akses modal pasar yang berkualitas bagi para pelaku usaha, salah satunya para peternak di Kabupaten Sumedang," tegas H Dony.

Pimpinan Cabang Bank bjb Sumedang Ahmad Juansyah mengatakan sebanyak 23 orang peternak sapi Cibugel dan Cijati menjadi pilot project pengembangan budi daya sapi model kemitraan.

Budi daya itu dibiayai melalui fasilitas bantuan modal Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank bjb Cabang Sumedang.

Menurutnya, kegiatan tersebut wujud nyata menyukseskan program ekonomi nasional melalui kerja sama dengan PT CJM yang mendirikan plasma-plasma peternakan sapi di Kabupaten Sumedang.

"Program ini diharapkan akan menghasilkan peternak-peternak unggulan yang turut membantu pengentasan kemiskinan di Kabupaten Sumedang," tuturnya

Ahmad menegaskan bjb akan terus men-support peningkatan perekonomian masyarakat melalui fasilitasi akad kredit kelompok perternak.

"Kegiatan ini saya harapkan tidak hanya di Cibugel dan Cijati. Namun, akan ada di seluruh kecamatan dan bjb siap membangun perekonomian di Kabupaten Sumedang dan menjadi percontohan di seluruh Indonesia," tuturnya.

Penjamin pembelian hasil peternakan (offtaker) M. Dio Wicaksonoadi mengatakan 23 orang penerima pinjaman tersebut menjadi salah satu pilot project budi daya sapi model kemitraan di Kabupaten Sumedang.

"PT CJM memiliki mitra di 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. Namun, Kabupaten Sumedang menjadi prioritas PT CJM. Saya memilih Kabupaten Sumedang karena melihat komitmen Bupati Sumedang," tuturnya.

Adapun jumlah sapi yang diternakkan oleh masing-masing yakni tiga ekor sehingga dari 23 orang keseluruhannya mencapai 69 ekor.

"Ini merupakan usaha mandiri. Jadi, saya meminta komitmen dari para penerima KUR untuk menjalankan usahanya dengan sebaik-baiknya, " jelasnya.

Penandatanganan akad kredit dilaksanakan Kamis (17/3)  di kantor Bank bjb Cabang Sumedang dengan disaksikan Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir didampingi Pimpinan Cabang Bank bjb Sumedang Ahmad Juansyah dan M. Dio Wicaksonoadi selaku pemilik PT Cemerlang Jaya Makmur. (jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler