Padat, Dua Maskapai Alih Terminal

Selasa, 23 Februari 2010 – 18:06 WIB

JAKARTA-Kepadatan aktivitas penerbangan pada terminal 1A Bandara Soekarno-Hatta, menyebabkan pengelola bandara akan memindahkan pelayanan dua maskapai ke terminal 1CDua maskapai tersebut adalah Batavia dan Lion

"Rencananya akan digeser ke Terminal 1C, mulai Maret ini," jelas Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Soekarno-Hatta, Hariyanto, kepada pers di Jakarta, Selasa (23/2)

BACA JUGA: Tahun Ini Otoritas Bandara Berfungsi

Disebutkan, perundingan dengan dua maskapai tersebut sudah dilakukan dan mereka bersedia.

Khusus untuk Lion Air, tidak semua bagian dari maskapai yang pindah ke Terminal 1C
Sedangkan Batavia akan mengalami pemindahan untuk seluruh bagaian maskapai

BACA JUGA: Hasil Pansus Century Tak Pengaruhi Ekonomi

"Pemindahan ini untuk penyeimbang kapasitas terminal saja, agar tidak terpusat pada satu terminal," kata Hariyanto lagi.

Dipaparkan, terminal 1A sudah mengalami tingkat kepadatan yang sangat tinggi
Lion Air yang melakukan aktivitas penerbangan di terminal tersebut setidaknya mengangkut 17 ribu-18 ribu orang per hari

BACA JUGA: Obama Datang Bawa Investasi

Jumlah tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pengangkutan penumpang Garuda Indonesia sebesar 13 ribu orang per hari.

Bandara Soetta, terdapat dua bangunan terminal utama: Terminal 1 untuk semua penerbangan domestik kecuali penerbangan yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia dan Merpati Nusantara Airlines, dan Terminal 2 melayani semua penerbangan internasional juga domestik oleh Garuda dan Merpati.

Terminal 1A melayani penerbangan oleh Lion Air dan Wings AirTerminal 1B melayani penerbangan oleh Batavia Air, Kartika Airlines, dan Sriwijaya AirSedangkan terminal 1C melayani penerbangan oleh Airfast Indonesia.

Terminal 2D dan 2E digunakan untuk melayani semua penerbangan internasional maskapai luarTerminal 2D untuk semua maskapai luar yang dilayani oleh PT Jasa Angkasa Semesta, salah satu kru darat bandaraTerminal 2E untuk maskapai internasional yang dilayani oleh Garuda, termasuk semua penerbangan internasional Garuda dan Merpati.

Terminal 2F untuk penerbangan domestik Garuda Indonesia dan Merpati Nusantara AirlinesTerminal 3 telah dibuka untuk umum pada 15 April 2009Terminal ini bernuansa eco-airport (bandara ramah lingkungan)Terminal 3 dipergunakan oleh Maskapai penerbangan berbiaya murah yakni Mandala Airlines dan Air Asia(lev/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... ACFTA Tingkatkan Impor Bahan Baku Modal


Redaktur : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler