PaDi UMKM Hybrid Expo 2023: Mitra Binaan PTPN Group Raih Total Transaksi Tertinggi

Jumat, 23 Juni 2023 – 23:40 WIB
PTPN Group, melalui mitra binaannya, berhasil menjadi BUMN dengan perolehan transaksi tertinggi dalam gelaran PaDi UMKM Hybrid Expo 2023, yang digelar di Gedung Sarinah, Jakarta, pada 14-18 Juni 2023. Foto dok PTPN Group

jpnn.com, JAKARTA - PTPN Group, melalui mitra binaannya, berhasil menjadi BUMN dengan perolehan transaksi tertinggi dalam gelaran PaDi UMKM Hybrid Expo 2023, yang digelar di Gedung Sarinah, Jakarta, pada 14-18 Juni 2023.

Berdasarkan data dari Kementerian BUMN, total nilai transaksi selama gelaran tersebut mencapai Rp 1.721.669.281.

BACA JUGA: PTPN Group Bantu Teguh Mengubah Hidup jadi Petani Tebu di Bondowoso

Adapun, transaksi pembeli ritel (B2C) yaitu Rp 452.794.178 dengan total purchase order sebanyak 2859.

Sedangkan total transaksi pembeli bisnis (B2B) mencapai angka sebesar Rp1.268.934.303, dan PTPN Group berhasil menempati posisi terbanyak, dengan nilai total transaksi sebesar Rp399.136.754.

BACA JUGA: EF Kids & Teens Indonesia Beri Program Pelatihan Bahasa Inggris di Wilayah DPSP

“Ini menjadi cerminan bahwa produk-produk dari mitra binaan PTPN Group memiliki kualitas yang sangat baik dan diterima dengan antusiasme oleh masyarakat,” ujar Direktur Umum Holding Perkebunan Nusantara PTPN III, Doni P. Gandamihardja, di Jakarta pada Kamis (22/6).

Doni menambahkan, pihaknya terus mendorong pertumbuhan dan perkembangan UMKM, terutama mitra binaan perseroan.

BACA JUGA: RUPST 2023, Pegadaian Punya Direksi Baru

"Keikutsertaan mitra binaan PTPN Group dalam PaDi UMKM Expo 2023 tidak hanya sebagai ajang memperkenalkan produk unggulan, tetapi juga sebagai upaya memperluas akses pasar dan mendorong UMKM untuk naik ke tingkat yang lebih baik," ucapnya.

PaDi UMKM Expo 2023 diikuti banyak pelaku UMKM yang menjadi mitra binaan BUMN, termasuk mitra binaan PTPN IV, salah satu anak usaha Holding Perkebunan Nusantara.

Mitra binaan PTPN Group menampilkan berbagai produk kerajinan tangan dan kuliner. Sejumlah produk yang dipasarkan, di antaranya adalah Kukis Hias B'Browns, SAF Handycraft, Bobnecklace, Keripik Pisang Kepok Keling Archila, Peyek Kacang Tanah Rizky Snack, Tebing Batik Collection, dan LH Collection Eco Print.

Produk-produk dari mitra binaan PTPN IV, berhasil menarik perhatian dan antusiasme pengunjung pameran sejak hari pertama.

Bahkan, sebanyak 50 persen stok produk habis terjual pada hari pertama pameran.

Senior Executive Vice President (SEVP) Operation II PTPN IV Joni Raja Siregar menjelaskan, bahwa setiap produk UMKM binaan perusahaan yang dipamerkan dalam PaDi UMKM Expo 2023 telah memenuhi standar dan kurasi yang sangat ketat.

Selain itu, setiap produk mitra binaan juga mengedepankan aspek kelestarian lingkungan dan memiliki ciri khas serta karakter tersendiri.

"Misalnya, produk Batik Tulis Motif Kombinasi Sumatera Utara. Hasil kerajinan ini mengusung corak khas Melayu, Karo, dan Tebing Tinggi," jelasnya.

Dalam PaDi UMKM Hybrid Expo 2023, kategori Catering & Snack memiliki jumlah pesanan tertinggi, dengan sekitar 1.360 pesanan.

Sementara itu, kategori Barang Elektronik, Komputer & Periferal mencatat nilai total transaksi tertinggi, dengan nilai Rp529.517.986.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
PTPN Group   PTPN   BUMN   UMKM   mitra binaan  

Terpopuler