Pahit! Lima Laga Persib Tanpa Penonton

Minggu, 30 Juli 2017 – 08:34 WIB
Atep, Kapten Persib Bandung.Foto: ISWARA BAGUS N/JAWA POS RADAR SOLO/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Manajemen Persib Bandung bakal kehilangan potensi pendapatan dari tiket penonton.

Kenyataan pahit itu harus mereka terima setelah Komisi Disiplin (Komdis) PSSI menjatuhkan hukuman berat kepada Panitia Pelaksana (Panpel) Pertandingan Persib, yaitu lima pertandingan tanpa penonton.

BACA JUGA: Gelombang Pertama Wasit Asing Datang dari Australia dan Kyrgyzstan

Dari surat nomor 060/L1/SK/KD-PSSI/VII/2017, memutuskan bahwa penonton Persib dilarang menyaksikan langsung pertandingan tim kebanggaan mereka untuk lima kali pertandingan.

Sanksi tersebut masing-masing berlaku ketika Atep Rizal dan kawan-kawan menelan kekalahan 1-2 di kandang Perseru Serui, sore kemarin (29/7).

BACA JUGA: Ricko Berpulang, Begini Harapan Viking Persib

Nah, empat laga lainnya, berlangsung di putaran kedua. Masing-masing dua laga home yaitu, menjamu PS TNI (5/8) dan Gresik United (20/8) serta dua laga away dengan bertandang ke markas Arema FC (12/8), serta Sriwijaya FC (16/8).

Ketua Komdis PSSI, Asep Edwin Firdaus mengatakan, sanksi itu merujuk kepada pasal 67 serta 11 huruf (e) kode disiplin PSSI.

BACA JUGA: Awal Baik Hubungan PSSI dan Pemerintah

"Kami memutuskan untuk melarang suporter Persib memasuki stadion saat Persib bermain sebanyak lima pertandingan,” kata Asep.

"Semoga keputusan kami ini bisa menjadi efek jera dan semua pihak bisa sadar dan tidak lagi mengulangi perbuatan mereka," tambahnya.

Sanksi berat itu adalah dampak dari lengahnya panpel Persib menjaga keamanan tim lawan saat menjamu Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, 22 Juli lalu.

Selain sanksi tersebut, salah satu stoper terbaik mereka, Vladimir Vudjovic juga dihukum larangan dua pertandingan.

Sanksi Vladimir itu masing-masing saat melawan Perseru dan ketika mereka menjamu PS TNI, 5 Agustus nanti.

Vudjovic dihukum lantaran terbukti menampar wajah pemain Persija Ismed Sofyan dalam big match itu. Sanksi larangan dua pertandingan itu juga berlaku bagi Ismed Sofyan.

Ketua Panpel Persib, Budhi Bram mengatakan bahwa, mereka keberatan dengan sanksi yang diberikan oleh Komdis tersebut.

Sebab, mereka sudah berusaha keras untuk menghindari adanya kejadian kekerasan dalam laga tersebut. "Kami sudah memutuskan untuk mangajukan banding," kata Bram. (ben)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Presiden Pro Duta FC: Saya Bukan Ngambek, Sepanjang Wajar Kami Legawa Terima Sanksi


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Persib Bandung   Sanksi   PSSI  

Terpopuler